Surabaya Buat Aplikasi Jelajah Wisata, Diluncurkan 2020

Pemerintah Kota Surabaya tengah membuat aplikasi bernama Jelajah Surabaya yang secara khusus berisi tentag detail potensi wisata yang ada di Surabaya dan ditargetkan go live pada 2020.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 16 November 2019  |  00:40 WIB
Surabaya Buat Aplikasi Jelajah Wisata, Diluncurkan 2020
Taman Mozaik di Kota Surabaya. - Dok. Pemkot Surabaya

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya tengah membuat aplikasi bernama Jelajah Surabaya yang secara khusus berisi tentag detail potensi wisata yang ada di Surabaya dan ditargetkan go live pada 2020.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, M. Fikser mengatakan melalui aplikasi tersebut warga Surabaya dan wisatawan bisa menjelajahi tempat-tempat wisata kuliner, wisata kampung, wisata heritage dan pusat perbelanjaan Surabaya.

“Dalam aplikasi ini, kami koneksikan antara wisata satu dengan lainnya, sehingga orang luar daerah atau wisatawan dapat akses dengan mudah untuk mendapatkan informasi seputar hotel, UKM dan agenda event tahunan Pemkot Surabaya.” Katanya dalam rilis, Jumat (15/11/2019).

Fikser mengatakan, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya. Di antaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dishub), Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Perdagangan (Disdag) untuk merealisasikan aplikasi tersebut.

Menurutnya, aplikasi tersebut juga akan menjadi salah satu sarana promosi destinasi wisata di Surabaya, karena satu tempat wisata akan berkaitan dengan wisata lainnya. Sebagai contoh, wisatawan yang datang ke Monumen Tugu Pahlawan, maka akan muncul notifikasi tempat wisata lain yang ada di sekitar Tugu Pahlawan.

“Akan ada info-info lainnya, baik tempat makan, wisata lainnya dalam radius beberapa kilometer dari lokasi wisatawan berada,” imbuhnya.

Fikser menambahkan, aplikasi Jelajah Surabaya ini nantinya akan disosialisasikan kepada agen travel yang ada sehingga para tour guide bisa sekaligus membawa dan membantu wisatawan untuk menikmati wisata Surabaya.

“Progres pengembangan aplikasi ini terus berlangsung, harapannya Desember sudah bisa dilaunching dan pada Januari 2020, benar-benar go live,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
surabaya

Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup