Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMM Rancang Pembinaan Berkelanjutan bagi Eks-gelandangan

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang pembinaan berkelanjutan bagi eks-gelandangan yang tinggal di Desaku Menanti, Dusun Baran Kel. Tlogowaru. Kedung Kandang. Kota Malang atau lebih dikenal dengan Kampung Wisata 1.000 Topeng.
 Mahasiswa UMM berbaur dengan bermain bersama warga di Desaku Menanti, Senin (12/6/2017)./IST
Mahasiswa UMM berbaur dengan bermain bersama warga di Desaku Menanti, Senin (12/6/2017)./IST

Bisnis.com, MALANG—Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merancang pembinaan berkelanjutan bagi eks-gelandangan yang tinggal di Desaku Menanti, Dusun Baran Kel. Tlogowaru. Kedung Kandang. Kota Malang atau lebih dikenal dengan ‘Kampung Wisata 1.000 Topeng’.

Koordinator Bakti Sosial UMM Zaenal Abidin mengatakan perlu ada upaya nyata

terkait peningkatan kapasitas dari warga sekitar baik bagi orang tua dan anak-anak, baik di bidang sosial, ekonomi maupun pendidikan, juga spiritual.

“Sebagai bentuk tindaklanjut pembinaan yang berkelanjutan, UMM juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa, yakni bakti sosial, di waktu mendatang,” ujarnya, Senin (12/6/2017).

Uupaya pemberdayaan desa tersebut agar dapat maksimal, kata Zaenal, kerjasama ini nantinya bakal ditindaklanjuti oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) khusus serta praktikum II IKS.

Kerjasama juga bisa dilakukan oleh fakultas lainnya yang relevan. Upaya ini dilakukan agar Kampung Topeng atau Desaku Menanti ini tidak menjadi masalah sosial baru.

Kehadiran UMM di Desaku Menanti ini diharapkan menjadi solusi bagi penyendang masalah kesejahteraan sosial, khususnya bagi gelandangan, pengemis, pengamen serta pemulung

Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Dinas Sosial Kota Malang Desa Desaku Menanti Metawati Ikawardani menerangkan, Kota Malang sebagai salah satu wilayah yang mendapat mandat menjalankan program pilot project Desaku Menanti Kemensos RI pendirian rumah bagi 35 kepala keluarga dengan 159 Jiwa masyarakat binaan Dinas Sosial Kota Malang.

“Kami tidak ingin mereka kembali ke kegiatan awal mereka lagi. Kita kuatkan ekonomi mereka, kita kuatkan kesejahteraan mereka menuju ke arah yang lebih baik, berkualitas dan bermartabat,” katanya..

Dia mengakui, pembinaan bagi mantan gelandangan dan pengemis atau ex-gepeng ini akan optimal, jika menggandeng pihak lain. UMM sebagai lembaga pendidikan, menurutnya, dapat membantu dari segala sisi.

Mulai dari penyediaan sarana-prasarana, kebutuhan sehari-hari, dan juga peralatan-peralatan untuk bekerja.

“Untuk penguatan ekonomi ini, bisa juga dilakukan pendampingan untuk diadakan pendampingan keterampilan berwirausaha dan kegiatan pendampingan lainnya. Sehingga kita harap dalam satu keluarga mereka memiliki kemauan dan kemampuan untuk merubah diri mereka sendiri,” tuturnya.

Rektor UMM Fauzan menyatakan PTS milik Muhammadiyah tersebut akan mengambil bagian dalam melakukan pembinaan kepada desa ini secara komprehensif.

“Harapan kami dengan ikut andilnya UMM dalam pembinaan ini,dapat timbul kemandirian masyarakatnya. Semoga, kurang dari jangka waktu 5 tahun berjalannya program tersebut, masyarakatnya sudah dapat berdiri di atas kaki sendiri,” ungkapnya.

UMM lewat kegiatan bakti sosial berupa pelayanan sosial, kesehatan dan rohani di kampung Desaku Menanti Kampung Kesetikawanan Sosial “Margo Mulyo” Desa Baran Tlogowaru Kedung Kandang Kota Malang atau lebih dikenal dengan ‘Kampung Wisata 1000 Topeng’, Senin (12/6).

Kegiatan yang dilakukan di antaranya pengobatan gratis untuk seluruh warga, permainan berbasis edukasi atau Edugame untuk anak-anak yang dibawakan oleh tim Relawan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Fakultas Ilmu Sosial dan llmu Politik (FISIP) UMM dan Indonesia Safe House (INSAFH), serta penyuluhan pola asuh anak serta konsultasi psikologi oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Bimbingan Konseling (BK) UMM yang dipandu Nia Paramita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper