Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ulat Bulu Menyerang, Warga Pulosari Gotong Royong Membasmi

Petugas gabungan dan warga Desa Pulosari, Kabupaten Tulungagung bergotong-royong membasmi hama ulat bulu yang menyerang wilayah tersebut sehingga ratusan batang tanaman kebun warga rusak.
Ilustrasi/IST
Ilustrasi/IST

Bisnis.com, TULUNGAGUNG--Petugas gabungan dan warga Desa Pulosari, Kabupaten Tulungagung bergotong-royong membasmi hama ulat bulu yang menyerang wilayah tersebut sehingga ratusan batang tanaman kebun warga rusak.

"Hama ulat bulu membuat tanaman gundul, tidak hanya pohon kenanga, namun aneka tanaman ikut diserang sehingga dampaknya sangat merugikan," kata Atmo, seorang warga, Kamis (16/3/2017).

Ia menunjukkan persebaran hama ulat bulu yang berkembang biak secara masif di daerahnya sejak lima hari terakhir.

Bermula dari pohon kenanga berukuran besar yang habis diserang hama ulat bulu, jenis hewan tak bertulang belakang itu kini menyebar ke aneka pohon yang ada di perkebunan rakyat sekitarnya.

Akibatnya, banyak tanaman rusak karena tak lagi memiliki daun. Selain itu, ulat itu juga merambah ke pemukiman penduduk.

"Ulatnya tidak gatal, namun jika banyak dan menempel dimana-mana jadi menjijikkan," kata Kepala Desa Pulosari Manapun.

Sejak Rabu (15/3) hingga Kamis pagi-siang upaya pembasmian hama ulat bulu terus dilakukan.

Caranya selain dengan memotong tanaman-tanaman yang menjadi tempat kembang biak ulat bulu, warga dan petugas gabungan dari Dinas Pertanian, kodim, polsek serta camat juga melakukan penyemprotan menggunakan pestisida.

"Populasinya bisa jadi akan terus bertambah banyak. Memang upaya pengendalian tidak bisa optimal karena mayoritas ulat bulu ini ada di atas ketinggian sehingga tidak terjangkau semprotan," katanya.

Beberapa langkah yang dilakukan petugas pengawas organisme pengganggu tanaman (POPT) Dinas Pertanian dan Holtikultura Tulungagung saat ini lebih diproyeksikan untuk kegiatan monitoring atau pengamatan berkala, sanitasi lingkungan, dan terakhir penggunaan pestisida guna membasmi hama ulat bulu tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Writer
Editor : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler