Harbolnas Bakal Dorong Jasa Pengiriman Tumbuh 60%

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur memperkirakan tren jasa pengiriman pada akhir tahun terutama saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bisa tumbuh 60%.
Belanja online./Ilustrasi
Belanja online./Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA – Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Jawa Timur memperkirakan tren jasa pengiriman pada akhir tahun terutama saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bisa tumbuh 60%.

Ketua Asperindo Jatim Ardito Soepomo mengatakan seperti tahun sebelumnya umumnya pada saat momen akhir tahun yang ditandai dengan Harbolnas pada 12 Desember terjadi peningkatan tajam lantaran banyaknya program promo diskon belanja besar-besaran.

"Kenaikan saat akhir tahun trennya 60% an bahkan sampai 100% dibandingkan hari normal, dan itu biasanya akan terjadi pada H-10 Natal dan Tahun Baru," katanya, Selasa (4/12/2018).

Dia mengatakan di tengah perkembangan teknologi saat ini masyarakat tidak hanya belanja secara konvensional di toko, tetapi mulai bergeser menuju belanja online karena dianggap lebih efektif bahkan lebih murah.

Ardito menambahkan para pengusaha jasa pengiriman barang pun saat ini sedang bersiap untuk mengantisipasi lonjakan pengiriman barang. Hanya saja, kebijakan penguatan distribusi bergantung pada perusahaan jasa pengiriman masing-masing.

Dia menambahkan bukan hanya saat akhir tahun, tren perkembangan belanja online juga telah mengerek kinerja perusahaan jasa pengiriman selama 2018 dengan peningkatan sekitar 8%-10% dibandingkan kinerja tahun lalu.

Sedangkan tahun depan diperkirakan hanya mampu tumbuh di bawah 10% mengingat adanya momen pemilihan umum yang dikhawatirkan dapat memengaruhi sektor logistik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper