Kontribusi Pasar Otomotif Jatim Tumbuh Jadi 14%

Oleh: Peni Widarti 14 September 2018 | 21:50 WIB
Kontribusi Pasar Otomotif Jatim Tumbuh Jadi 14%
GIIAS Surabaya 2017./Gaikindo

Bisnis.com, SURABAYA -- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan kontribusi pasar otomotif di Jawa Timur (Jatim) mengalami pertumbuhan, meski tipis, dari 13% menjadi 14%.

Sekretaris I Gaikindo Eddy Sumedi mengatakan pertumbuhan industri otomotif di Jatim cukup bagus dan kontribusinya meningkat. Hal ini yang menjadikan Gaikindo semangat untuk menggelar Gaikindo Indonesia Internatinal Auto Show (GIIAS) di Surabaya.

"Jatim cukup banyak membantu perkembangan industri otomotif nasional. Surabaya ini juga bagian dari GIIAS yang harapannya bisa mewakili wilayah timur Indonesia seperti Bali dan Lombok ," tuturnya saat konferensi pers, Jumat (14/9/2018).

Tahun ini, GIIAS Surabaya 2018 disebut berpotensi mendatangkan 50.000 pengunjung dan menjual 1.200 unit mobil.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menambahkan Surabaya merupakan salah satu daerah penting dalam pameran otomotif. Secara pasar di Asia, Indonesia sudah mendekati posisi kedua untuk industri otomotif setelah Thailand.

Di tengah tekanan ekonomi seperti saat ini, lanjutnya, industri otomotif masuk dalam sepuluh besar industri andalan Tanah Air. Otomotif masuk dalam posisi kedelapan, sedangkan kelapa sawit menempati peringkat pertama.

"Ini menandakan secara kebutuhan domestik kita sendiri tumbuh karena otomotif itu merupakan proses yang memberikan beragam lapangan kerja formal dan non formal," terang Kukuh.

Untuk itu, Gaikindo meyakini tahun depan industri otomotif masih akan terus tumbuh positif meski ada pesta politik yang biasanya cukup berpengaruh.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya