Surabaya Luncurkan Program Bank Sampah Simo Jawar

Oleh: Peni Widarti 21 Agustus 2018 | 08:31 WIB
Surabaya Luncurkan Program Bank Sampah Simo Jawar
Tumpukan sampah di Teluk Jarta, Kepulauan Seribu/Antara

Bisnis.com, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan program Bank Sampah Simo Jawar, yang akan mengelola sampah-sampah masyarakat yang dikumpulkan secara mandiri dan menghasilkan uang.
 
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan program bank sampah yang berlokasi di Jl. Simo Jawar RW 10 Surabaya tersebut merupakan hasil pengabdian mahasiswa Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) kepada masyarakat yang peduli lingkungan.
 
“Jika sampah-sampah itu dikumpulkan dengan baik, dikelolah dengan baik, maka itu ada harganya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (20/8/2018).
 
Risma mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemkot) harus terus berupaya menekan keberadaan sampah yang terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk maupun pendatang. Saat ini, Pemkot telah memiliki beberapa program yang sudah dijalankan, di antaranya kegiatan Green and Clean, Merdeka dari Sampah, Rumah Kompos, dan Bank Sampah.
 
“Kita bisa nabung tidak hanya dengan uang. Kita bisa nabung dengan sampah. Nanti dikumpulkan di bank sampah, ditimbang, dan dijual,” lanjutnya.
 
Untuk mengurangi jumlah tumpukan sampah, Pemkot Surabaya menerapkan teknologi waste to energy, baik skala kecil melalui Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), hingga skala besar dengan metode sanitary landfill yakni  teknologi gasifikasi untuk pengolahan sampah menjadi energi listrik.
 
“Saat ini, baru Surabaya di Indonesia yang sampahnya dimanfaatkan jadi listrik. Karena itu, ayo mulai mengelolah sampah, jangan sampai sampah itu terbuang tidak ada gunanya,” tambah Risma.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya