Dua Kereta Api Via Madiun Terlambat Akibat Jembatan Rusak

Dua kereta api yang melewati Madiun mengalami keterlambatan hingga mencapai 253 menit pada Selasa (22/5/2018).

Bisnis.com, MADIUN—Dua kereta api yang melewati Madiun mengalami keterlambatan hingga mencapai 253 menit pada Selasa (22/5/2018).

Keterlambatan kereta ini dipicu dari adanya kerusakan jembatan di KM 449+877 antara stasiun Soka-Kebumen di wilayah Kecamatan Pejagoan, Kebumen, Jawa Tengah.

Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Supriyanto, mengatakan ada dua perjalanan KA yang mengalami keterlambatan pada Selasa ini yaitu KA Kahuripan dan KA Turangga dari Bandung.

Dia menuturkan pada Selasa sekitar 00.38 WIB pusat pengendali KA Daop V Purwokerto menerima informasi dari petugas di Stasiun Kebumen. Bahwa ada gangguan pada jembatan KA di KM 449+877 antara stasiun Soka-Kebumen. Sehingga saat itu jembatan tidak bisa dilalui KA.

"Petugas kemudian datang ke lokasi kerusakan dan mulai melakukan perawatan prasarana wilayah Kebumen. Secara cepat, petugas memperbaiki dan jembatan sudah normal pada pukul 03.00 WIB," jelas dia, Selasa pagi.

Supriyanto mengatakan ada dua perjalanan KA dari Bandung menuju Madiun yang mengalami keterlambatan. Yaitu KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Madiun-Blitar terlambat sekitar 230 menit dari jadwal kedatangan di Madiun pada 05.26 WIB menjadi 09.16 WIB. KA Turangga relasi Bandung-Madiun-Surabaya Gubeng terlambat sekitar 25e menit dari jadwal awal 05.39 WIB menjadi 09.52 WIB.

Untuk mengurangi keterlambatan keberangkatan khusus KA Kahuripan, petugas Daop VII akan melakukan rekayasa operasional perjalanan. Rekayasa yang dilakukan yaitu KA Kahuripan yang diperkirakan akan datang di Stasiun Madiun pukul 09.16 WIB akan dikurangi 2 kereta dan ditinggal di Stasiun Madiun. Ini untuk dilakukan perawatan dan pembersihan.

Selanjutnya, sisa rangkaian melanjutkan perjalanan mengantar penumpang menuju Stasiun Caruban dan Stasiun Blitar. Sedangkan untuk keberangkatan dari Blitar pukul 12.10 WIB, KA Kahuripan relasi Blitar-Madiun menggunakan rangkaian cadangan yang sudah disiapkan dan sudah dilakukan perawatan dan pembersihan di Stasiun Blitar.

"Sesampainya di Stasiun Madiun, ditambahkan dua kereta. Dan KA Kahuripan Madiun-Kiaracondong berjalan normal sesuai jadwal pukul 15.14 WIB," ungkap Supriyanto.

Menurut dia, rekayasa ini untuk mengurangi kelambatan KA yang terdampak itu. Sedangkan kondisi kereta cadangan dipastikan bersih dan terawat.

"PT KAI mohon maaf atas keterlambatan perjalanan KA dari arah Bandung. PT KAI akan selalu memastikan keselamatan perjalanan KA serta kenyamanan penumpang dengan melakukan upaya-upaya cepat, dengan tetap memperhatikan dan mengutamakan keselamatan," terang dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Jalil/JIBI
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper