Realiasasi Penerimaan Pajak Kanwil Jatim II Capai 22%

Oleh: Peni Widarti 19 April 2018 | 16:26 WIB
Realiasasi Penerimaan Pajak Kanwil Jatim II Capai 22%
Petugas melayani wajib pajak dalam pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) Orang Pribadi (OP) tahun 2016 di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur I, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (21/4)./Antara-Moch Asim

Bisnis.com, SURABAYA –  Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur II mencatatkan kinerja penerimaan pajak pada kuartal I/2018 sudah mencapai 22% dari target tahun ini sebesar Rp21,98 triliun.

Neilmaldrin Noor, Kepala Kanwil DJP Jatim II, mengatakan realisasi penerimaan pajak dari Januari-Maret 2018 tersebut diperoleh dari 16 kabupaten dan 2 kota. Salah satu capaian yang mendorong penerimaan pajak 2017 yakni dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo.

"Capaian KPP Madya Sidoarjo sangat bagus tahun lalu sehingga berdampak positif terhadap keseluruhan kinerja pajak di Kanwil Jatim II ini," katanya di sela-sela Penghargaan Palamarta bagi 100 Wajib Pajak, Rabu malam (18/4/2018).

Ada pun Kanwil DJP Jatim II pada 2017 mencatatkan realisasi penerimaan pajak memcapai Rp17,3 triliun atau tercapai 92,29% dari target semula Rp18,75 triliun. Capaian tersebut telah menempati peringkat ke 6 secara nasional.

Penerimaan pajak tersebut terbanyak disumbang oleh sektor industri pengolahan perdagangan, jasa dan keuangan atau perbankan, serta proyek-proyek konstruksi.

Sementara itu, realisasi penerimaan pajak 2017 di KPP Madya Sidoarjo yang berkontribusi positif terhadap Kanwil DJP Jatim II yakni Rp6,97 triliun melebihi target semula Rp6,94 triliun atau telah mampu merealisasikan penerimaan pajak sebesar 100,46%. Capaian tersebut pun mengalami pertumbuhan 13,99% dari tahun sebelumnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap wajib pajak (WP) yang tertib membayar pajak di KPP Madya Sidoarjo, maka pihaknya menggelar ajang Malam Palamarta. Sebanyak 100 WP dari berbagai sektor di KPP Madya Sidoarjo mendapatkan penghargaan tersebut.

Kepala Kantor KPP Madya SidoarjoTeguh Iman Wirotomo menjelaskan Penghargaan Malam Palamarta 2018 merupakan wujud terima kasih KPP Madya Sidoarjo kepada para WP yang selama ini sadar dan tepat waktu membayar pajak.

"Selain itu, penghargaan seperti ini juga akan menumbuhkan kesadaran WP lainnya untuk lebih meningkatkan kepatuhan dalam membayar pajak, dan melaporkan SPT dengan baik," ujarnya.

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya