Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trayek Kapal Cepat Pulau Sapudi-Jangkar Disiapkan

Selama ini belum ada trayek reguler kapal cepat di lintasan ini. Alhamdulillah di 2024 akhirnya bisa terwujud.
Dokumen Kapal Sabuk Nusantara 92./Antara-Pemkab Sumenep
Dokumen Kapal Sabuk Nusantara 92./Antara-Pemkab Sumenep

Bisnis.com, SUMENEP - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mempersiapkan pengoperasian trayek kapal cepat lintasan Pulau Sapudi, Pulau Raas dan Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Sumenep Yayak Nurwahyudi di Sumenep, Rabu (2/10/2024) mengatakan trayek baru kapal cepat untuk melayani kebutuhan angkutan laut bagi masyarakat kepulauan ini, merupakan hasil lobi Pemerintah Kabupaten Sumenep pada operator angkutan kapal cepat dan bekerja sama dengan Pemkab Situbondo.

"Selama ini belum ada trayek reguler kapal cepat di lintasan ini. Alhamdulillah di 2024 akhirnya bisa terwujud. Izin trayeknya mulai dari Pemprov, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Kementerian Perhubungan sudah selesai," katanya.

Sesuai rencana, kapal cepat akan melayani rute Kalianget-Pulau Sapudi-Pulau Raas dan Jangkar Situbondo.

Pembukaan trayek pertama ini merupakan hasil lobi Pemerintah Kabupaten Sumenep pada operator angkutan kapal cepat.

"Ini adalah gagasan bapak bupati untuk memberikan layanan transportasi laut yang lebih cepat. Ya solusinya harus ada trayek reguler kapal cepat ke sana, jadi jurusan Kalianget-Sapudi-Raas dan ke Jangkar Situbondo," katanya.

Secara terpisah, Kepala Cabang Express Bahari Kalianget Muhammad Nurullah mengatakan, saat ini pihaknya telah menyiapkan armada kapal cepat yang akan beroperasi di lintas kepulauan Sumenep tersebut.

"Sudah berangkat crew yang menjemput kapal. Spesifikasi kapalnya 364 seat dan sedang dalam proses pasang mesin baru. Insya Allah dalam waktu dekat ini kapalnya sudah bisa beroperasi di Sumenep ini," katanya.

Dengan adanya tambahan trayek baru ini, maka angkutan laun yang melayani masyarakat kepulauan di Kabupaten Sumenep sebanyak lima kapal, yakni KM Sabuk Nusantara 91, KM Sabuk Nusantara 92, KM Sabuk Nusantara 74, KM Adi Nusantara dan KM Express Bahari 9C.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper