Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemudik Mulai Bergerak, Penyeberangan Logistik di Jangkar Situbondo Dibatasi

Sejak Senin (25/3) sudah mulai tampak masyarakat mudik lebih awal dari Jangkar ke beberapa kepulauan di Madura.
Ilustrasi pelabuhan Jangkar, Situbondo./Antara
Ilustrasi pelabuhan Jangkar, Situbondo./Antara

Bisnis.com, SITUBONDO - Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur mulai membatasi muatan kendaraan logistik angkutan penyeberangan dari Situbondo ke Madura, menjelang arus mudik Lebaran 2024.

"Khusus kendaraan logistik dari Pelabuhan Jangkar (Situbondo) ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, sudah kami stop per hari ini," kata Wakil Koordinator Satuan Pelayanan Pelabuhan Penyeberangan Jangkar, Situbondo pada Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur Ahmad Rozikin di Situbondo, Selasa (26/3/2024).

Dia menjelaskan bahwa pembatasan muatan kendaraan logistik dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas memasuki arus mudik Lebaran sebagai upaya memberikan pelayanan khusus bagi penumpang (pemudik). Karena, lanjut Rozikin, sejak Senin (25/3) kemarin sudah mulai tampak masyarakat mudik lebih awal dari Jangkar ke beberapa kepulauan di Madura.

"Memang tidak terlalu signifikan peningkatan penumpang kapal feri dari Jangkar ke Raas, Kangean, Sapudi dan Kalianget. Tapi sudah mulai ada peningkatan pada H-15 Lebaran 2024," kata Rozikin.

Ia menambahkan, untuk kapal feri rute Jangkar ke Pulau Sapudi sampai dengan hari ini masih diizinkan mengangkut kendaraan logistik kecil (pikap).

"Ke Pulau Sapudi juga dibatasi, tapi khusus kendaraan pikap saja," kata Rozikin.

Sebanyak 10 unit armada kapal feri rute Situbondo-Lembar dan Situbondo-Madura siap melayani arus mudik Lebaran 2024.

Lintasan penyeberangan Jangkar (Situbondo) ke beberapa kepulauan di Kabupaten Sumenep, Madura, dilayani tiga kapal laut, yakni KMP Mugiyango Hulalo rute Jangkar-Kalianget-Kangean, KMP Wicitra Dharma I rute Jangkar-Sapudi-Kalianget dan KMP Dharma Kartika rute Jangkar-Raas-Kalianget.

Sedangkan lintas penyeberangan Jangkar Lembar ada tujuh unit armada kapal, yakni KMP Trimas Laila, KMP Tunju Partama Kaya 5888, KMP Marisa Nusantara, KMP Dharma Ferry IX, KMP Swarna Cakar, KMP Parna Kaliyani dan KMP Jatra II.

Dari tujuh kapal feri lintasan penyeberangan Jangkar-Lembar itu, KMP Jatra II saat ini dalam proses perbaikan atau sudah dalam proses docking, sedangkan enam unit kapal feri lainnya sudah dinyatakan layak laut dan siap melayani arus mudik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper