Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lesaffre Ekspansi Dirikan Pabrik Instant Dry Yeast di Malang

Pabrik Lesaffre Sari Nusa dibangun di Desa Gading, Kec. Bululawang, Kabupaten Malang, di atas lahan seluas 9,8 hektare.
Pabrik Lesaffre di Desa Gading, Kec. Bululawang, Kab. Malang./Istimewa
Pabrik Lesaffre di Desa Gading, Kec. Bululawang, Kab. Malang./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Lesaffre, pemain global dalam fermentasi dan mikroorganisme dengan pengalaman selama 170 tahun, melakukan ekspansi dengan mendirikan pabrik instant dry yeast canggih pertama di Asia Tenggara, di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

CEO Lesaffre, Brice-Audren Riché, menyatakan pendirian pabrik ini menandai tonggak penting dalam ekspansi Lesaffre dan penguatan kehadirannya di wilayah Asia Pasifik, khususnya di Indonesia. Melalui fasilitas baru ini, Lesaffre memperkuat komitmennya untuk mendukung produksi lokal dan mengurangi ketergantungan impor.

“Entitas baru ini, PT Lesaffre Sari Nusa, merupakan kemitraan antara Lesaffre dan PT Citra Bonang sebagai mitra jangka panjangnya yang telah lama bekerja sama di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resminya, Kamis (29/2/2024),

Pabrik Lesaffre Sari Nusa dibangun di Desa Gading, Kec. Bululawang, Kabupaten Malang, di atas lahan seluas 9,8 hektare fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi canggih termutakhir dan dengan standar kualitas yang tinggi. Lebih dari 200 lapangan kerja baru akan dibuka bagi masyarakat lokal setempat untuk menjalankan operasional pabrik baru ini.

Peresmian pabrik baru ini di Malang adalah bukti komitmen kami untuk terus tumbuh dan berkembang bersama mitra dan konsumen kami, dalam semangat kolaborasi menghadapi tantangan masa depan," ucapnya.

“Dengan menggabungkan teknologi canggih dan pengetahuan industri Lesaffre yang luar biasa, kami dapat menyediakan ragi berkualitas tertinggi untuk memenuhi permintaan meningkat dari mitra kami di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara,” kata Timothé Dupont, Presiden Lesaffre untuk wilayah Asia Pasifik.

Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan, dalam upaya untuk mengurangi dampak lingkungan dari produksi, kata dia, Lesaffre akan memproses residu pascaproduksi melalui pabrik baru ini, memastikan tidak ada dampak buruk pada lingkungan sekitarnya.

Setelah produksi ragi selesai, residu fermentasi akan diproses lebih lanjut menjadi serangkaian produk lain yang dapat digunakan sebagai pupuk dan pakan hewan ternak.

Lesaffre telah aktif secara komersial di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. Anak perusahaan Lesaffre pertama di Indonesia, PT Saf Indonusa, yang didirikan pada tahun 2000, saat ini mempekerjakan lebih dari 130 karyawan melalui pabrik pencampuran bahan roti di Surabaya, kantor pusat di Jakarta, dan empat Baking Center™ dan kantor penjualan di Jakarta, Medan, Semarang, dan Surabaya.

Sejak didirikan pada tahun 1853, Lesaffre bertujuan untuk memiliki jejak industri yang kuat, baik melalui diversifikasi keahliannya maupun melalui perluasan kehadirannya secara global. Berkat pendekatannya yang kuat secara lokal, Lesaffre telah tumbuh bersama mitra global dengan beradaptasi dan mengantisipasi perubahan kebutuhan mereka, melayani berbagai profil dari bisnis roti skala kecil hingga industri skala besar. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler