Bandara Juanda Melayani 35 Rute Penerbangan pada 2024, Ini Rinciannya

Hingga akhir 2023 Bandar Udara Internasional Juanda melayani 30 rute penerbangan, yang mana 22 rute domestik dan 8 rute internasional.
Bandara Juanda./Ist
Bandara Juanda./Ist

Bisnis.com, SIDOARJO - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur menambah lima rute penerbangan di tahun 2024 dari 30 rute penerbangan menjadi 35 rute penerbangan baik domestik dan juga internasional.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Kamis (25/1/2024) mengatakan, mengawali tahun 2024 pada akhir Januari Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani 35 rute penerbangan dengan jumlah penerbangan tertinggi per hari 227 penerbangan datang dan pergi.

"Hingga akhir 2023 Bandar Udara Internasional Juanda layani 30 rute penerbangan, yang mana 22 rute domestik dan 8 rute internasional," katanya.

Ia mengatakan, Januari ini ada beberapa reaktivasi rute dan penambahan frekuensi terbang. Sehingga, sejak tanggal 22 Januari 2024, Bandara Juanda melayani 27 rute domestik dan 8 rute internasional dan secara total kami melayani 35 rute.

"Dengan rata-rata jumlah penerbangan per hari 215 penerbangan atau jumlah penerbangan tertinggi 227 penerbangan dan terendah 200 penerbangan. Jika dibandingkan dengan data 2019, saat itu Bandara Juanda melayani 33 rute domestik dan 8 rute internasional," ujarnya.

Sisyani Jaffar menjelaskan bahwa diawal tahun ini dua maskapai menambah beberapa rute penerbangan domestik.

"Di bulan Januari ini, terdapat 5 penambahan baik rute baru maupun reaktivasi dan 1 frekuensi penerbangan. Pertama itu Lion Air sejak pertengahan bulan ini telah reaktivasi kembali beberapa rute yaitu Pekanbaru, Padang, Ternate, Ambon dan Kendari," katanya.

Kemudian Pelita Air juga membuka rute baru menuju Balikpapan sejak 22 Januari, dimana ini menambah frekuensi penerbangan menuju Balikpapan dari Surabaya.

"Kami menyambut baik dan tentunya sangat antusias dengan pembukaan rute-rute penerbangan ini, tidak hanya akan memberikan kemudahan akses, namun juga diharapkan dapat memperkuat daya saing potensi perdagangan, bisnis, dan kepariwisataan sebagai kontribusi upaya percepatan pemulihan perekonomian." ucapnya.

Sedangkan untuk penerbangan internasional saat ini jumlahnya masih sama seperti tahun 2023, dimana Bandar Udara Internasional Juanda melayani 8 rute yaitu Kuala Lumpur, Singapura, Johor Baru, Penang, Brunei, Hong Kong, Madinah dan Jeddah.

Menurut Sisyani Jaffar, pihak terus optimis bahwa baik jumlah rute akan terus bertambah dan bisa sebanyak saat sebelum adanya pandemi COVID-19. Pihaknya juga membuka pintu sebesar-besarnya untuk maskapai jika ingin menambah rute baru maupun frekuensi penerbangan pada rute-rute yang telah ada.

"Selain itu kami juga siap mendukung baik dari kesiapan hingga fasilitan yang dimilik sehingga sama-sama dapat memberikan pelayanan yang prima kepada para penumpang," katanya.


Berikut daftar rute penerbangan di Bandar Udara Internasional Juanda

Rute Domestik:
1. Ambon
2. Balikpapan
3. Banjarmasin
4. Banyuwangi
5. Batam
6. Berau
7. Denpasar
8. Jakarta – Halim
9. Jakarta – Soeta
10. Kendari
11. Kupang
12. Labuan Bajo
13. Lombok
14. Makassar
15. Manado
16. Padang
17. Palangkaraya
18. Palembang
19. Pangkalan Bun
20. Pekanbaru
21. Pontianak
22. Samarinda
23. Sampit
24. Semarang
25. Tarakan
26. Ternate
27. Yogyakarta

Rute Internasional:
1. Singapura
2. Kuala Lumpur
3. Johor Baru
4. Penang
5. Hong Kong
6. Jeddah
7. Madinah
8. Brunei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper