Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3.245 WNI Pulang dari Luar Negeri Melalui Juanda pada Lebaran 2024

Jumlah keberangkatan WNI bersamaan berakhirnya cuti Lebaran di tanah air di mana sebanyak 3.000-an lebih WNI melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi.
Ilustrasi. Penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya./Antara-AP I Juanda
Ilustrasi. Penumpang di Bandara Internasional Juanda Surabaya./Antara-AP I Juanda

Bisnis.com, SIDOARJO - Petugas Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatat sebanyak 3.245 orang warga negara Indonesia (WNI) masuk lewat Bandara Juanda saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A. Muttaqin dalam keterangannya di Sidoarjo, Senin (22/4/2024), mengatakan jumlah tersebut terjadi pada puncak arus mudik pada (2/4) libur Lebaran.

"Jumlah tersebut merupakan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali ke Tanah Air untuk merayakan Lebaran bersama keluarga," katanya.

Ia mengatakan, jumlah kedatangan WNI dari luar negeri menurun hampir setengahnya pada hari H Lebaran dan kedatangan WNI dari luar negeri tersebut masih berlanjut hingga tanggal (17/4).

"Hal ini diiringi pula dengan jumlah keberangkatan WNI bersamaan berakhirnya cuti Lebaran di tanah air di mana sebanyak 3.000-an lebih WNI melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Juanda untuk kembali ke luar negeri," ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, penumpang penerbangan umroh selama periode puasa dan Lebaran tahun ini tidak begitu signifikan disebabkan oleh bertepatan dengan musim liburan sekolah dan banyaknya masyarakat yang memilih untuk mudik atau berlibur di dalam negeri.

Meskipun demikian, kata dia, otoritas Imigrasi pada Bandara Juanda tetap siaga penuh untuk melayani para penumpang. Personel imigrasi siap sedia untuk melayani penerbangan mulai dari pukul 03.00 WIB dini hari hingga penerbangan terakhir pada pukul 21.00 WIB setiap harinya.

"Syukur Alhamdulillah, dengan kesiapan personel pelayanan keimigrasian di bandara Juanda berjalan lancar tanpa kendala," ucap dia.

Menurut Chicco, kesiapan Imigrasi pada Bandara Juanda dalam melayani arus mudik dan balik Lebaran tahun ini patut diapresiasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper