Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Pesawat di Bandara Juanda Diperkirakan Naik 35% pada Libur Nataru

Bandara Internasional Juanda Surabaya memperkirakan tren penumpang pesawat pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini akan meningkat 35%.
Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jatim./Bisnis
Terminal 2 (T2) Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jatim./Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA — Bandara Internasional Juanda Surabaya memperkirakan tren penumpang pesawat pada momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini akan meningkat 35% dibandingkan periode Nataru tahun lalu.

General Manager Bandara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar, menjelaskan puncak pergerakan pesawat dan penumpang libur Natal diperkirakan akan terjadi pada 22 Desember 2023 dengan perkiraan jumlah penumpang pesawat tiba dan pergi mencapai 56.391 penumpang.

“Jumlah tersebut terdiri dari rute domestik 46.089 penumpang dan rute internasional 10.302 penumpang,” katanya, Selasa (19/12/2023).

Sedangkan untuk libur tahun baru, lanjutnya, diprediksi terjadi pada 29 Desember 2023 dengan perkiraan pergerakan penumpang pesawat sebanyak 49.152 penumpang yang terdiri dari rute domestik 38.880 penumpang dan rute internasional 10.272 penumpang. 

Dia menambahkan, jumlah pergerakan pesawat juga diprediksi akan meningkat sampai 34% seiring dengan peningkatan jumlah penumpang pesawat yang akan melakukan libur akhir tahun.

“Kondisi trafik saat ini sudah mulai mendekati kondisi normal seperti sebelum pandemi,” tambahnya.

Saat ini pun, lanjutnya, Bandara Internasional Juanda telah menerima pengajuan extra flight dari 6 maskapai dengan total 187 flight yang terdiri dari maskapai yakni Garuda Indonesia 24 flight, Citilink 48 flight, Air Asia 64 flight, Lion Air 39 flight, Batik 6 flight dan Nam Air 6 flight. 

“Rute extra flight pada pergerakan periode libur Nataru ini adalah Denpasar, Jakarta, Lombok, Beurau dan Pangkalanbun,” imbuhnya.

Sisyani menambahkan, pihaknya juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi antara lain dengan melakukan serangkaian koordinasi bersama dengan instansi-instansi terkait guna pemantapan pelayanan kepada pengguna jasa selama periode Posko. 

“Kami juga mendirikan posko Angkutan Udara Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan selama 16 hari yaitu sejak 19 Desember 2023 sampai 3 Januari 2023. Kami juga menambah jam operasional, yang sebelumnya 05.00 WIB - 21.00 WIB menjadi sampai 22.00 WIB,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler