Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Nataru, Volume Kendaraan di Ruas Tol Surabaya Mojokerto Diprediksi Naik 14,11%

JSM memprediksi puncak arus mudik pada Sabtu 23 Desember 2023 untuk periode libur Natal dan Jumat 29 Desember 2023 untuk periode libur Tahun Baru.
Ruas Tol Surabaya - Mojokerto./Dok. JSM
Ruas Tol Surabaya - Mojokerto./Dok. JSM

Bisnis.com, SURABAYA — PT Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) selaku pengelola Ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto memprediksi volume arus kendaraan pada periode libur Natal dan Tahun Baru selama 18 hari akan mengalami peningkatan hingga 14,11% dibandingkan hari normal.

Direktur Utama JSM, D. Hari Pratama mengatakan periode Nataru ini ditetapkan mulai 18 Desember 2023 sampai 4 Januari 2024. Jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun lalu, arus kendaraan melalui tol Surabaya - Mojokerto akan meningkat 4,78%.

“Untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kami telah mempersiapkan strategi layanan operasional yang menjadi fokus utama yakni layanan transaksi dengan persiapan Gardu Transaksi 100% dan perangkat pendukungnya, dan layanan lalu lintas dengan mendukung stakeholder terkait dalam mempersiapkan rekayasa lalu lintas,” ujarnya dikutip dalam rilis, Selasa (19/12/2023).

Dia melanjutkan, JSM juga menyiapkan layanan preservasi dengan melakukan langkah preventif seperti pembersihan drainase dan membangun tanggul penahan banjir, serta layanan rest area dengan memastikan kebersihan seperti kecukupan air bersih dan keberfungsian toilet fungsional di rest area, memastikan ketersediaan BBM, serta melakukan manajemen arus lalu lintas di rest area.

“Upaya ini dilakukan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemakai jalan agar pelaksanaan perjalanan pada periode libur Nataru ini dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan berkesan,” imbuhnya.

Hari menambahkan, JSM juga memprediksi puncak arus mudik akan terbagi dalam 2 hari yaitu pada Sabtu 23 Desember 2023 untuk periode libur Natal dan Jumat 29 Desember 2023 untuk periode libur Tahun Baru.

“Sedangkan prediksi puncak arus balik pada Selasa 26 Desember 2023 untuk periode libur Natal dan Senin 1 Januari 2024 untuk periode libur Tahun Baru,” imbuhnya.

Ia juga mengimbau kepada pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper