Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jatim dan LPEI Berkolaborasi Dorong Kinerja Transaksi Ekspor

Bank Jatim berkolaborasi dengan LPEI untuk mendorong peningkatan kinerja transaksi ekspor.
Jajaran direksi Bank Jatim dan LPEI atau Eximbank Indonesia saat melakukan MoU pada, Kamis (16/11/2023)./Dok. Bank Jatim
Jajaran direksi Bank Jatim dan LPEI atau Eximbank Indonesia saat melakukan MoU pada, Kamis (16/11/2023)./Dok. Bank Jatim

Bisnis.com, SURABAYA — PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim) berkolaborasi dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank untuk mendorong peningkatan kinerja transaksi ekspor.

Direktur Utama Bank Jatim, Busrul Iman mengatakan upaya memajukan perekonomian daerah maupun nasional tersebut telah dituangkan dalam penandatanganan MoU pada 16 November 2023.

“Kami sudah berkomitmen akan terus mewujudkan kemajuan ekonomi, termasuk dalam mendorong peningkatan ekspor. Oleh karena itu, MoU yang dijalin antara Bank Jatim dengan LPEI terkait Layanan Jasa Keuangan ini diharapkan dapat menjadi akselerator pertumbuhan ekonomi baik di Jawa Timur maupun Indonesia,” jelasnya dalam rilis, Jumat (17/11/2023).

Dia menjelaskan, ruang lingkup kerja sama dengan Eximbank tersebut sangat luas, di antaranya seperti funding, lending, dan layanan jasa keuangan. Pengembangan kerja sama dari sisi funding yang bisa dilakukan yakni cash management service untuk pengelolaan devisa hasil ekspor debitur-debitur LPEI.

Selanjutnya, layanan pembukaan rekening bagi eksportir kelolaan LPEI, pengelolaan dana operasional bagi eksportir kelolaan LPEI, potensi layanan Jatim Prioritas bagi eksportir kelolaan LPEI (sesuai dengan ketentuan), dan simpanan berjangka dalam bentuk rupiah serta valuta asing.

Dari sisi lending, kerja sama yang bisa dilakukan mencakup layanan pembiayaan bersama (co-financing) modal kerja dan investasi bagi eksportir kelolaan LPEI atau banBank Jatim, serta layanan jasa keuangan yang di dalamnya ada potensi transaksi trade finance (L/C, SKBDN, remmitance).

"Kerja sama ini turut menjadi bagian dalam pengembangan bisnis Bank Jatim dan sekaligus mendorong pengembangan bisnis LPEI ke depan,” imbuh Busrul.

Menurutnya, peningkatan ekspor memang harus terus diupayakan secara konsisten oleh seluruh stakeholders. Sebab, dengan surplusnya neraca perdagangan akan memutar roda perekonomian serta ikut mendorong penciptaan lapangan pekerjaan ketika ada peningkatan permintaan barang dan jasa.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menambahkan kerja sama dengan bankjatim merupakan langkah strategis yang akan membantu LPEI dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah yang merupakan para eksportir. 

"Kami yakin sinergi dan kolaborasi yang dibangun bersama Bank Jatim ini dapat mendorong terciptanya pelaku usaha yang berdaya saing serta berkontribusi kepada ekspor nasional secara berkelanjutan,” ujarnya.

Riyani menambahkan, keberhasilan Pemprov Jatim dalam meningkatkan perekonomian melalui ekspor menjadi dasar yang kuat bagi LPEI untuk menjalin kerja sama dengan Bank Jatim sebagai pilot project demi meningkatkan peran kedua lembaga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan devisa Jatim yang berkelanjutan. 

"Kami akan memberikan dukungan kepada Bank Jatim dalam meningkatkan kapasitas dan perannya sebagai pendorong pertumbuhan ekspor Jatim. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk kerja sama pembiayaan, penjaminan, asuransi, cash management system, pengembangan desa pendulum devisa, serta jasa perbankan lainnya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper