Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Selain Indah, Bunga Tabebuya Ternyata Banyak Manfaatnya

Batang tanaman tabebuya ini cenderung mudah diolah, sehingga di beberapa negara, tanaman ini justru menjadi salah satu pilihan utama.
Bunga Tabebuya./Istimewa
Bunga Tabebuya./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Bunga tabebuya, selain indah, juga banyak manfaatnya seperti untuk furniture dan bermanfaat untuk obat-obatan.

Pakar Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Untung Santoso, mengatakan tanaman tabebuya belakangan ini tengah menampakkan keindahannya. Memiliki bunga berbentuk terompet serta warna yang cerah, tanaman ini menjadi daya tarik unik di beberapa kota di Indonesia.

”Tak hanya cantik, tanaman ini ternyata juga memiliki banyak manfaat tersembunyi yang jarang diketahui masyarakat. Tak hanya sebagai tanaman hias, berbagai bagian dari tabebuya memiliki banyak manfaat,” ujarnya, Kamis (9/11/2023).

Bagian batang kayu tabebuya yang cenderung lunak, ujarnya, cocok untuk digunakan berbagai kebutuhan masyarakat yang memerlukan kayu ringan. Seperti pembuatan beberapa jenis furniture, pegangan perabot, hingga berbagai jenis kerajinan berbahan dasar kayu.

Batang tanaman tabebuya ini cenderung mudah diolah, sehingga di beberapa negara, tanaman ini justru menjadi salah satu pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait perabotan menggunakan kayu ringan.

"Tabebuya memiliki karakteristik batang yang cenderung lunak, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan masyarakat yang tidak membutuhkan kayu yang terlalu berat dan keras, meski begitu perlu waspada karena seringkali batang pohon tabebuya berlubang karena serangga maupun rayap," ujarnya.

Selain itu, bunga tabebuya dapat digunakan untuk bahan dasar obat-obatan. Kandungan naphthoquinone bila diproses dengan tepat dapat menjadi salah satu media yang efektif dalam mengobati penyakit malaria.

“Bunga tabebuya juga dapat digunakan sebagai imun booster atau berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia agar tidak mudah terserang penyakit, serta berbagai manfaat tanaman tabebuya lainnya,” ujarnya.

Untung mengatakan pula, tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh, utamanya di daerah Indonesia. Oleh karenanya, bagi masyarakat yang membutuhkan karakteristik kayu yang lunak untuk berbagai keperluan, tabebuya dapat menjadi salah satu pilihannya.

“Pertumbuhannya pohon ini cukup cepat dan bersifat ekspansif sehingga bisa ‘menggusur’ tanaman yang ada di sekitarnya. Jika semakin banyak menyebar, tabebuya bisa jadi bunga endemik khas Indonesia. Oleh karena itu, penggunaan dan penanaman secara bijak menjadi kunci optimalisasi manfaat bunga asal Brasil ini,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler