Tabungan Suara Prabowo di Jatim Bakal Diperkuat Efek Gibran

Gibran merupakan jembatan masuknya dukungan basis simpatisan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur pada Pilpres 2019.
Ilustrasi kotak suara./Ist
Ilustrasi kotak suara./Ist

Bisnis.com, SURABAYA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyatakan keberadaan Gibran Rakabuming Raka menjadi kekuatan bagi Prabowo Subianto untuk memenangkan Jawa Timur pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu didasari lantaran Gibran merupakan jembatan masuknya dukungan basis simpatisan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Timur pada Pilpres 2019.

"Kehadiran Gibran akan sedikit menguntungkan Prabowo karena publik melihat adanya dukungan dari Jokowi," kata Dedi melalui keterangan resmi yang diterima di Surabaya, Kamis (9/11/2023).

Pemilihan Presiden 2019 di Jatim, paslon nomor 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat suara sebesar 16.231.668 dengan presentase 65,7%. Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 8.441.247 dengan presentase 34,3%. Total suara di Jatim mencapai 25.511.241 pemilih, dengan suara tidak sah sebesar 838.326.

Adapun pada Pilpres 2024, daftar pemilih tetap di Jawa Timur sebanyak 31.402.838 orang. Jawa Barat sebanyak 35.714.901 orang dan Jawa Tengah 28.289.413 orang.

Dedi menyebut sebelum Gibran masuk sebagai bakal calon wakil presiden posisi Prabowo di Jawa Timur sudah terbilang kuat, sebab punya tabungan elektoral dari pesta demokrasi di tahun 2019.

"Prabowo sebenarnya sudah cukup unggul sebelum adanya Gibran di wilayah Jawa Timur," ujarnya.

Prabowo bisa mendapatkan tambahan elektoral dari para pendukung Jokowi karena faktor Gibran yang juga merupakan anak Presiden Jokowi.

Karena itu, faktor tersebut menjadi kekuatan Prabowo bersama Gibran untuk bertarung memperebutkan kursi pimpinan negara melawan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Diketahui, dalam survei Polling Institute periode 25-28 Oktober 2023 Prabowo bersama sangan Cawapres Gibran Rakabuming Raka mendapat elektabilitas tertinggi di Jatim. Prabowo dan Gibran mendapat elektailitas sebesar 33 persen mengalahkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar di posisi kedua dengan 26,5 persen, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berada di posisi ketiga dengan 25,3 persen.

Tak hanya itu, dalam survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) periode 22-27 Oktober 2023 Prabowo-Gibran juga unggul dengan elektabilitas sebesar 40,1 persen. Sedangkan Ganjar - Mahfud berada di posisi kedua dengan 35,9 persen dan Anies-Cak Imin di posisi ketiga dengan 22,2 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Redaksi
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara dan KPU
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper