Operasi Pasar Jadi Alat Utama Meredam Fluktuasi Harga di Kota Malang

Pemkot Malang akan mengintensifkan kegiatan Operasi Pasar setelah melihat tren harga bahan-bahan kebutuhan pokok mengalami fluktuasi.
Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat (kanan) saat memantau harga-harga kebutuhan di pasar tradisional Kota Malang, Kamis (2/11/2023)./Istimewa
Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat (kanan) saat memantau harga-harga kebutuhan di pasar tradisional Kota Malang, Kamis (2/11/2023)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang akan mengintensifkan kegiatan operasi pasar setelah melihat tren harga bahan-bahan kebutuhan pokok mengalami fluktuasi.

Pj. Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, mengatakan sampai saat ini kondisi ketersediaan stok bahan kebutuhan pokok relatif aman demikian juga dengan harga yang relatif stabil meskipun sedikit ada fluktuasi harga. Kondisi ini masih dalam kewajaran tetapi tetap perlu ada antisipasi yang harus dilakukan khususnya harga gula yang mengalami kenaikan. 

"Hari ini saya beserta jajaran melihat kondisi langsung di dua pasar, Pasar Bunul dan Oro-oro Dowo. Ini tindak lanjut instruksi Pak Presiden Senin kemarin, saya perlu untuk segera memastikan bagaimana ketersediaan bahan dan harga. Semua relatif aman hanya harga gula yang mengalami kenaikan, kisarannya Rp500 sampai Rp1.500 per kg nya. Ini tetap perlu kita antisipasi agar bisa normal kembali," ujarnya, Kamis (2/11/2023).

Dia menegaskan, sudah menyiapkan langkah antisipatif. Intervensi yang perlu dilakukan adalah dengan menggelar operasi pasar. Instruksi kepada Dinas Kopindag, Bagian Perekonomian, Infrastruktur, dan Sumber Daya Alam (Pisda) dan Bulog untuk segera menggelar operasi pasar di 5 (lima) kecamatan di Kota Malang juga sudah dilakukan.

Dia juga akan berkomunikasi dengan PG. Kebonagung dengan harapan ada tambahan pasokan yang akan  membantu menormalkan harga gula di pasaran sehingga tidak ada fluktuasi harga yang berlebihan dan mampu dijangkau masyarakat.

"Ini tujuannya kenapa saya kesini, setelah memastikan kondisi ini, saya instruksikan pada jajaran terkait, ada Diskopindag, bagian Pisda, ada Bulog segera gelar operasi pasar murah. Intervensi ini penting maka harus segera dilakukan, saya minta nanti digelar di 5 kecamatan di November ini, " tegasnya.

Wahyu juga menegaskan, dirinya beserta jajaran terkait akan terus berupaya mengendalikan harga dan ketersediaan stok di pasar demi menjaga terkendalinya inflasi di Kota Malang.

"Ini akan jadi komitmen yang akan terus saya bangun, komunikasi ini akan saya lakukan dengan terus datang di lapangan dan memastikan kondisi, saya berupaya agar pemerintah dapat memberikan rasa tenang dan ayom kepada masyarakat khususnya terkait dengan harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok," ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper