Gandeng Bank Jatim, Alun-Alun Merdeka Kota Malang Direvitalisasi

Pengembangan revitalisasi Alun-Alun Merdeka melalui CSR Bank Jatim a.l  rehabilitasi air mancur, penambahan area plaza shaf, penambahan aksesoris dekorasi, dsb.
Wali Kota Malang, Sutiaji (dua dari kiri) bersama Direktur IT dan Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin (dua dari kanan) melihat maket revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang, Rabu (23/8/2023)./Bisnis-Choirul Anam.
Wali Kota Malang, Sutiaji (dua dari kiri) bersama Direktur IT dan Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin (dua dari kanan) melihat maket revitalisasi Alun-alun Merdeka Kota Malang, Rabu (23/8/2023)./Bisnis-Choirul Anam.

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang menggandeng Bank Jatim merevitalisasi kembali Alun-alun Merdeka agar lebih cantik karena merupakan ikon kota tersebut untuk dapat menarik wisatawan.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan detailed engineered design (DED) dari Alun-alun  Merdeka sudah selesai, tinggal pengerjaan fisiknya. “Saya berharap pengerjaan fisiknya bisa secepatnya,” ungkapnya di sela-sela penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pembangun Alun-alun Merdeka di Malang, Rabu (23/8/2023).

Desain dari alun-alun tersebut, kata dia, sudah disosialisasikan ke masyarakat. Nantinya, akan dibuat video tiga dimensi agar penampakan rencana revitalisasi Alun-alun bisa lebih baik.

Pengembangan revitalisasi Alun-Alun Merdeka melalui CSR Bank Jatim a.l  rehabilitasi air mancur, penambahan area plaza shaf, penambahan aksesoris dekorasi, perluasan area playground, penambahan area outdoor gym, dan rehabilitasi area skate park.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang, Noer Rahman, menambahkan penambahan dan penataan lampu atau lighting  akan dibiayai  APBD dengan pagu  sebesar Rp900 juta. Nantinya, ada penambahan ratusan lampu dengan konsep heritage dan sederhana klasik seperti yang ada sekarang.

Menurut dia,  pelaksanaan penambahan dan penataan lampu sudah mulai dilakukan sekitar satu Minggu yang lalu setelah tender selesai. Hal ini dilakukan, karena banyaknya keluhan masyarakat soal lampu yang mati dan area alun-alun selalu gelap saat malam hari.

Dengan lampu yang memadai, maka alun-alun nantinya semakin terang. Kawasan tersebut akan dibuka saat malam hari juga untuk masyarakat maupun wisatawan.

"Karena banyak keluhan masyarakat atas banyaknya tindakan asusila di Alun-Alun Merdeka. Beberapa sisi kan kalau malam gelap, maka dengan penambahan ini akan mengurangi tindakan asusila," ujarnya.

Direktur IT dan Digital Bank Jatim, Zulhelfi Abidin, menjelaskan setelah penandatanganan PKS ini, pihaknya akan segera melakukan perencanaan pengerjaan hingga penetapan anggaran yang akan digelontorkan untuk revitalisasi Alun-Alun Merdeka. Pengerjaan bakal dilakukan tahun ini sehingga alun-alun dapat segera difungsikan dengan baik.

Sutiaji menegaskan, revitalisasi Alun-alun Merdeka penting karena merupakan salah satu ikon Kota Malang yang dapat menarik kedatangan wisatawan. Nantinya, Alun-alun Merdeka yang sudah direvitalisasi dengan terkoneksi dengan Alun-Alun Tugu, Kayutangan, dan Masjid Jami yang merupakan salah satu masjid tertua di Jawa dan dibangun abad 19. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper