Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BINUS University Malang Komitmen Latih UMKM Agar Melek Digital

BINUS University Malang berkomitmen melatih UMKM agar melek digital dengan diluncurkannya BINUS Digitec Valley.
BINUS @Malang Campus Director, Robertus Tang Herman (kiri) bersama ,Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship BINUS University, Prof. Meyliana (tengah) pada peluncuran BINUS Digitec Valley di Malang, Kamis (20/7/2023). Bisnis/Choirul Anam
BINUS @Malang Campus Director, Robertus Tang Herman (kiri) bersama ,Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship BINUS University, Prof. Meyliana (tengah) pada peluncuran BINUS Digitec Valley di Malang, Kamis (20/7/2023). Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG— BINUS University Malang berkomitmen melatih UMKM agar melek digital dengan diluncurkannya BINUS Digitec Valley.

BINUS @Malang Campus Director, Robertus Tang Herman, mengatakan dalam program pengabdian masyarakat kampus tersebut, ada salah program mengembangkan UMKM.

“Setiap tahun kami harapkan bisa membantu UMKM pada empat klaster, seperti food and beverage. Masing-masing klaster diharapkan diikuti 30 UMKM,” ujarnya di sela-sela  peluncuran BINUS Digitec Valley di Malang, Kamis (20/7/2023).

Ada juga program pembinaan UMKM yang dibina lewat kerja sama dengan pemda, seperti UMKM di Kab. Malang.

Arah pengembangan UMKM, kata dia, dari sisi hilir, seperti pengemasan produk dan pemasaran. UMKM dilatih seperti memfoto produk dengan baik, mengemasnya, serta memasarkannya.

Nantinya, kata dia, juga akan dibuat marketplace untuk memasarkan produk-produk binaan BINUS University. Marketplace yang sudah ada, hanya mewadahi produk-produk yang dibuat mahasiswa perguruan tinggi tersebut.

“Sampai saat ini, sudah ada 40 UMKM yang dibina BINUS University,” ujarnya.

Menurut dia, fasilitas canggih berbasis teknologi ini, yakni Digitec Valley,  diluncurkan dengan tujuan untuk mendukung pendidikan berbasis teknologi guna menyokong lulusan perguruan tinggi tersebut untuk bisa terjun langsung ke dunia digital technopreneur.

BINUS Digitec Valley, dia meyakinkan, penting dalam memajukan pendidikan daerah Indonesia Timur, khususnya area Jawa Timur dengan tujuan menyesuaikan kebutuhan industri teknologi yang terus berkembang.

"Dengan adanya wadah yang baru ini, yaitu BINUS Digitec Valley, kami terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan tuntutan industri dan mendorong kolaborasi yang erat antara lulusan BINUS @Malang dengan industri digital technopreneur. Peluncuran BINUS Digitec Valley juga akan menjadi tonggak bersejarah dalam mendorong pendidikan berbasis teknologi dan kolaborasi industri di Indonesia Timur." ungkapnya.

Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship BINUS University, Prof. Meyliana, mengatakan BINUS Digitec Valley merupakan salah satu standar baru dalam menyediakan sumber daya mutakhir dan lingkungan pembelajaran yang imersif bagi para mahasiswa yang menekuni disiplin ilmu berbasis teknologi.

Fasilitas ini, kata dia,  menawarkan berbagai room experience terkini, dan ruang kolaborasi yang dirancang untuk mendorong kreativitas, inovasi, dan kewirausahaan di kalangan komunitas mahasiswa, dosen bahkan industri.

Sejalan dengan visi BINUS UNIVERSITY, ujar dia, BINUS Digitec Valley bertujuan untuk membekali lulusan BINUS @Malang dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses pada era digital serta memberikan dukungan yang kuat kepada industri digital technopreneur.

Fasilitas ini akan menjadi wadah kolaborasi yang baru untuk mendorong para mahasiswa untuk bekerja sama dengan perusahaan teknologi, startup, dan profesional industri untuk menghadirkan solusi inovatif dalam dunia bisnis digital.

"Kami percaya bahwa lulusan BINUS @Malang akan menjadi pionir dan penggerak inovasi di dunia digital technopreneur, serta berkontribusi secara signifikan dalam menghadirkan solusi cerdas dan transformasi digital bagi masyarakat dan dunia teknologi saat ini," ucapnya.

Melalui fasilitas ini, dia meyakinkan, BINUS University berharap dapat memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Menurut Meyliana, BINUS juga berharap kolaborasi antara mahasiswa, fakultas, dosen dan industri akan menghasilkan inovasi yang berdampak positif bagi masyarakat di Indonesia Timur, membawa kemajuan dalam sektor digital technopreneur dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper