Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Malang Perkuat Sport-Tourism Lewat Event Olahraga

Pemkot Malang telah mendesain event-event olahraga untuk mendukung sektor pariwisata, seperti e-sport, badminton, dan lainnya.
Founder J99 Corp. dan MS GLOW, Gilang W. Pramana (tiga dari kanan) bersama Wali Kota Malang, Sutjiaji (dua dari kanan), dan Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (paling kanan), berfoto bersama peserta  MS GLOW Marathon 2023 di Malang, Minggu (9/7/2023)./Bisnis-Choirul Anam
Founder J99 Corp. dan MS GLOW, Gilang W. Pramana (tiga dari kanan) bersama Wali Kota Malang, Sutjiaji (dua dari kanan), dan Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto (paling kanan), berfoto bersama peserta  MS GLOW Marathon 2023 di Malang, Minggu (9/7/2023)./Bisnis-Choirul Anam

Bisnis.com, MALANG — Pemkot Malang terus berupaya memperkuat sport-tourism dengan memperbanyak event olahraga nasional bekerja sama dengan berbagai dengan berbagai institusi, seperti MS GLOW Marathon 2023 yang digelar Minggu (9/7/2023).  

Wali Kota Malang, Sutjiaji, mengatakan event-event besar, seperti olahraga, sangat positif dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata. Dengan adanya event tersebut, maka banyak wisatawan yang tinggal di Kota Malang berwisata sambil berolahraga.

“Kami berkomitmen untuk mengembangkan sport-tourism, kegiatan olahraga didesain dengan kegiatan wisata,” ujarnya di sela-sela MS Marathon 2023 di Malang, Minggu (9/7/2023).

Pemkot Malang, kata dia, telah mendesain event-event olahraga untuk mendukung sektor pariwisata, seperti e-sport, badminton, dan lainnya.

Sport-tourism melengkapi konsep wisata kesehatan, rumah sakit wisata,” katanya.

Oleh karena itulah, dia berharap, dalam setiap acara harus dibuat mewah sehingga gaungnya bisa menyebar ke tingkat nasional, bahkan internasional. Contohnya panitia mendatangkan atlet terkenal, selebriti, maupun hiburan yang menarik dengan mendatangkan band papan atas Indonesia.

Begitu juga kegiatannya didesain semenarik mungkin. Contohnya, dalam kegiatan juga diselipkan lomba kostum yang bervariasi, mulai dari cosplay, batik, dan lainnya.

Dia juga berharap, kegiatan MS GLOW Marathon 2023 bisa menjadi kalender tahunan sehingga benar-benar dapat ditunggu pecinta olahraga lari nasional.  

"Ajang seperti ini harus lebih banyak dilaksanakan, sebab tak hanya mengkampanyekan olahraga lari dan gaya hidup sehat, tapi juga mendukung pariwisata di kawasan heritage kota Malang serta UMKM dan pelaku ekonomi kreatif lokal," ujarnya.

Founder J99 Corp. dan MS GLOW, Gilang W. Pramana, merespons positif ajakan Wali Kota Malang, Sutiaji.

Dia menegaskan, dirinya telah mengantongi lisensi untuk menyelenggarakan kegiatan MS GLOW Marathon selama tiga tahun.

Dia menegaskan pula, kegiatan yang berlokasi di kawasan heritage Kota Malang tersebut merupakan ajang yang bertujuan mempromosikan pentingnya kebugaran dan menjaga kesehatan melalui pola hidup sehat dan aktivitas olahraga, dengan konsep menawarkan pemandangan heritage yang indah dan udara pagi yang sejuk di Kota Malang.

MS GLOW Marathon 2023 yang diikuti 2.000 atlet merupakan half-marathon event, dan digelar dalam 3 nomor yakni lari 5 kilometer (rute 5K), 10 kilometer (rute 10K) dan 21 kilometer (rute 21K).Semua Kategori Nomor Lari Akan start dan finish di Jl. Kertanegara, Tugu, kota Malang.

Di rute 5K peserta start pada pukul 05.30 WIB. Para pelari disuguhkan dengan beberapa landmark yang ada di Kota Malang seperti Patung Singo Edan, Kampung Warna Warni, Alun-alun Kota Malang dan masih banyak lagi.

Rute 10K start pada pukul 05.15 WIB. Para peserta melewati Idjen Boulevard yang berada di Jalan Besar Ijen, dan Perpustakaan Umum Kota Malang, hingga menuju jalan Raya Langsep.

Untuk rute 21K, para pelari start paling awal di pukul 05.00 WIB. Peserta MS GLOW Marathon 2023 rute ini akan berlari di kawasan pendidikan Kota Malang seperti Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, peserta juga akan melintasi Gereja Ijen yang ikonik.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil E. Dardak, berharap ajang ini bisa efektif menggugah minat masyarakat terhadap olahraga sekaligus pariwisata di Kota Malang.

“Ajang seperti  ini tentu akan memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat, dengan mengangkat tema sport-tourism," katanya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kota Malang, Baihaqi, mengatakan telah mendesain kegiatan olahraga untuk mendukung sektor pariwisata dan ekraf.

Dengan banyaknya kegiatan, maka kunjungan wisatawan ke Kota Malang akan semakin banyak. Sampai semester I/2023, wisatawan ke Malang sudah mencapai 1,5 juta, sedangkan targetnya mencapai 2 juta wisatawan. Tahun lalu, wisatawan ke Kota Malang mencapai 2 juta orang.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper