Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimisme Konsumen di Wilker BI Malang Terus Menguat

Peningkatan tersebut sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat.
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia./Bisnis
Karyawan melintas di dekat logo Bank Indonesia./Bisnis

Bisnis.com, MALANG — Optimisme konsumen di wilayah kerja Bank Indonesia Malang terhadap kondisi ekonomi pada Juni 2023 terus meningkat.

Kepala Perwakilan BI Malang, Samsun Hadi, mengatakan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang menyebutkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2023 tercatat sebesar 165,50, menguat dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat 150,92.

“Dengan demikian keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap berada pada level optimis (indeks> 100),” ujarnya, Kamis (6/7/2023).

Kenaikan IKK, kata dia, didorong oleh membaiknya Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK).

Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar 157,50, meningkat dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 143,17. Meningkatnya IKE didorong oleh seluruh kenaikan komponen pembentuknya, terutama pada Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja.

Peningkatan tersebut, kata dia, sejalan dengan terus membaiknya aktivitas ekonomi yang menunjukkan geliat ekonomi masyarakat melalui peningkatan konsumsi masyarakat.

Sejalan dengan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, Samsun menegaskan, optimisme konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan juga terpantau menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Juni 2023 tercatat sebesar 173,33, meningkat dari 158,67 pada Mei 2023.

Peningkatan tersebut didorong oleh kenaikan seluruh komponen penyusun IEK, terutama Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja.

Peneliti Senior Pusat Penelitian Kebijakan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Joko Budi Santoso, menilai relatif stabilnya perekonomian yang ditandai dengan melemahnya tekanan inflasi pada Juni mengindikasikan keberhasilan pemerintah dalam menjaga fundamental perekonomian di tengah tekanan global sehingga mendorong peningkatan optimisme perekonomian.

Di sisi lain, kata dia, realisasi investasi yang terus bergerak memberikan asa perluasan lapangan kerja baru.(K24) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler