Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Desa di Mojokerto Terdampak Kekeringan, Begini Aksi Pemprov Jatim

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur mencatat ada tiga desa di kawasan kaki Gunung Penanggungan - Kabupaten Mojokerto yang kekeringan.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat ikut mendistribusikan air bersih untuk warga di 3 desa yang terdampak kekeringan di Kabupaten Mojokerto./Dok. Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat ikut mendistribusikan air bersih untuk warga di 3 desa yang terdampak kekeringan di Kabupaten Mojokerto./Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mencatat ada 3 desa di kawasan kaki Gunung Penanggungan-Kabupaten Mojokerto yang mengalami kekeringan.

Data per 18 Juni 2023 mencatat desa yang mengalami krisis air itu di antaranya yakni Desa Kunjorowesi, Manduro Manggung Gajah (Kecamatan Ngoro) serta Desa Duyung (Kecamatan Trawas). 

Total, penduduk yang terdampak kekeringan air bersih mencapai 7.589 jiwa/2.409 KK. Dengan rincian warga terdampak dari Desa Kunjorowesi 4.937 jiwa/1.556 KK, Desa Manduro Manggung Gajah 1.861 jiwa/597 KK dan Desa Duyung 791 jiwa/256 KK.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, untuk menangani bencana kekeringan di Mojokerto ini, Pemprov Jatim melakukan distribusi air bersih dengan menggunakan mobil tangki berkapasitas 4.000 liter.

“Alhamdulillah kita bisa memberikan sapaan berupa suplai air bersih, dan seperti di Kunjorowesi ini rerata butuh 10 tangki air dengan kapasitas 4.000 liter/tangki,” katanya, Senin (19/6/2023).

Khofifah mengatakan, untuk mengatasi masalah kekeringan di Desa Kunjorowesi ini sebetulnya sudah dilakukan uji coba pembuatan sumur artesis. Namun pada kedalaman 40 meter ada bebatuan, padahal untuk menyiapkan sumur artesis ini, secara teknologi harus disupport alat untuk mendeteksi melalui kedalaman tertentu dan keamanan tertentu. 

“Selama ini Pemprov Jatim telah melakukan uji coba pembuatan sumur artesis di beberapa titik yang memiliki potensi kekeringan saat musim kemarau. Namun tidak semua berjalan lancar karena mengalami beberapa kendala. Seperti pada kedalaman tertentu ditemukan bebatuan sehingga tidak bisa diteruskan,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, dalam upaya mencari sumber air bersih ini akan terus dilakukan untuk memberikan substitusi ketika musim kemarau terjadi. Terlebih di musim kemarau yakni pada Mei sa-mpai September 2023 yang puncaknya diprediksi akhir Juli sampai agustus ini. 

“Jadi kita harus kontinyu mensuplai air bersih hingga tingkat keterpenuhan air bersih masyarakat bisa kita penuhi,” imbuhnya.

Sebelumnya diinformasikan bahwa musim kemarau 2023 di Jatim berpotensi terjadi kekeringan di 27 kabupaten/kota yang terdiri dari 221 kecamatan, 844 desa/kelurahan dan 1.617 dusun. Dengan rincian 500 desa kering kritis, 253 kering langka, dan 91 desa kering langka terbatas.

Gubernur Khofifah pun telah mengeluarkan Keputusan Gubernur Jawa Timur tentang status siaga darurat kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan No. 188/217/KPTS/013/2023 terhitung tanggal 17 Mei - 17 November 2023.

“Petanya sudah sangat detail. Untuk itu intervensi penanganan kekeringan ini butuh gotong royong dan kebersamaan baik dari Pemprov Jatim, Pemkab Mojokerto, maupun dari pihak kecamatan, desa, dusun sampai para relawan. Ini tadi saya lihat ada BPBD, TAGANA, TKSK dan pendamping PKH,” imbuhnya.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menambahkan, Pemkab Mojokerto telah mengalokasikan anggaran reguler sebesar Rp199,35 juta untuk pengadaan air bersih sebanyak 443 tangki dengan pembagian Desa Kunjorowesi 179 tangki, Desa Manduro Manggung Gajah dan Duyung masing-masing 132 tangki.

“Kami juga sudah mengeluarkan status tanggap darurat kekeringan dan karhutla 2023,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper