Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produsen Bata Ringan BLES Umumkan Kinerja Positif per Semester I/2024

Kenaikan laba kotor sebesar 11,67%, dengan margin laba kotor 32,72%. Kenaikan margin laba mengindikasikan BLES meningkatkan efisiensi produksinya.
Pembangunan Masjid Agung Magelang, Jawa Tengah yang merupakan salah satu proyek PT Superior Prima Sukses Tbk (BLES)./Dok BLES
Pembangunan Masjid Agung Magelang, Jawa Tengah yang merupakan salah satu proyek PT Superior Prima Sukses Tbk (BLES)./Dok BLES

Bisnis.com, SURABAYA - Produsen bata ringan dan semen mortar, PT Superior Prima Sukses Tbk. (BLES) mengumumkan kinerja positif dengan membukukan laba kotor Rp190 miliar pada semester I/2024.

Presiden Direktur BLES Billy Law mengatakan, laba kotor sebesar Rp190 miliar pada enam bulan pertama 2024 ini dihasilkan dari nilai penjualan Rp580 miliar. Adapun pada periode yang sama tahun lalu mencatat laba kotor sebesar Rp170 miliar dari nilai penjualan sebesar Rp576 miliar.

"Kenaikan laba kotor sebesar 11,67%, dengan margin laba kotor 32,72%. Kenaikan margin laba mengindikasikan BLES meningkatkan efisiensi produksinya, dibandingkan semester I tahun 2023 yang mencatat margin laba kotor sebesar 29,51%," jelasnya dalam siaran pers, Senin (29/7/2024).

Billy Law menjelaskan laba bersih dan EBITDA perseroan masing-masing mengalami pertumbuhan sebesar 3,46% dan 2,01% jika dibandingkan periode yang sama di tahun 2023. Total nilai aset BLES di semester I tahun 2024 pun bertambah sebesar 3,91% jika dibandingkan dengan periode Desember tahun 2023.

Adapun di sisi produksi, penambahan kapasitas di pabrik 1 Mojokerto dan pabrik 2 Lamongan sendiri belum berdampak pada kinerja di paruh pertama tahun ini. Manajemen menjelaskan output kedua pabrik ini justru tidak efektif selama semester I sebagai konsekuensi yang harus diterima dari pengerjaan upgrading capacity ini.

"Jika berandai-andai, bila penambahan kapasitas ini tidak dijalankan tentunya kinerja semester I akan lebih baik lagi, namun penambahan kapasitas ini dijalankan sebagai bagian dari rencana jangka panjang Perseroan. Penambahan kapasitas di kedua pabrik ini sendiri baru dapat dinikmati di semester II ini," jelasnya.

Kapasitas terpasang BLES di tahun 2023 adalah 3,2 juta m3 per tahun dan kini kapasitas terpasang BLES adalah 4,6 juta m3 per tahun. Dengan adanya penambahan kapasitas terpasang ini, Perseroan menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 28% di tahun 2024.

BLES juga telah memulai proyek pabrik 5 di Banjarnegara. Pabrik yang direncanakan beroperasi di pertengahan tahun 2025 memiliki kapasitas terpasang sebesar 1 juta m3 per tahun, sehingga total kapasitas terpasang BLES menjadi 5,6 juta m3 per tahun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper