Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Probolinggo-Banyuwangi Dibangun, Ini Dampak ke Daerah

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan panjang kurang lebih 175,4 km menghubungkan tiga Kabupaten meliputi Kabupaten Probolinggo, Situbondo dan Banyuwangi.
Peletakan batu pertama untuk ruas Tol Gending-Besuki di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Senin (6/2/2023)./Jasamarga
Peletakan batu pertama untuk ruas Tol Gending-Besuki di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Senin (6/2/2023)./Jasamarga

Bisnis.com, PROBOLINGGO - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan pembangunan tol Probolinggo-Banyuwangi akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan yang dilalui jalur bebas hambatan tersebut.

Wabup Timbul mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basuki Hadimuljono meresmikan pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi yang ditandai dengan peletakan batu pertama untuk ruas Tol Gending-Besuki di Desa Pendil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Senin (6/2/2023).

"Dengan selesainya pembangunan infrastruktur jalan tol di Gending yang masuk di kawasan industri, tentu akan banyak manfaatnya bagi masyarakat di Kabupaten Probolinggo," tuturnya.

Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi dengan panjang kurang lebih 175,4 km menghubungkan tiga Kabupaten meliputi Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi.

Untuk pengerjaannya dimulai dari Desa Pendil di Kabupaten Probolinggo yang tersambung dengan jalan tol Pasuruan-Probolinggo. Pembangunan jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi nantinya akan terbagi menjadi tujuh seksi.

Yakni, seksi pertama Probolinggo-Kraksaan dengan panjang 12,88 km, seksi kedua Kraksaan-Paiton 11,2 km dan seksi ketiga Paiton-Besuki panjangnya 25,6 km.

Dilanjutkan seksi keempat Besuki-Situbondo dengan panjang 42,3 km, seksi kelima Situbondo-Asembagus sepanjang 16,76 km, seksi keenam Asembagus-Bajulmati 37,45 km dan seksi ketujuh dari Bajulmati-Ketapang Banyuwangi sepanjang 29,21 km.

Jalan tol terbagi menjadi dua tahap pembangunan yakni tahap pertama menghubungkan Probolinggo dan Besuki sepanjang 49,68 km dan tahap kedua menghubungkan Besuki dan Banyuwangi sepanjang 125,72 km.

Sesuai dengan Permenko Perekonomian Nomor 9 tahun 2022, pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi difokuskan pada tahap pertama ruas Probolinggo-Besuki sepanjang 49, 68 km.

Dengan pembebasan lahan yang berjalan sesuai target, maka pengerjaan konstruksi jalan tol Probolinggo-Banyuwangi tahap pertama ruas Probolinggo-Besuki dapat selesai diakhir tahun 2024.

"Dengan di bangunnya jalan tol itu tentunya dapat memberikan kemudahan akses serta mampu memicu pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan yang dilaluinya," katanya.

Sementara Menteri PUPR RI M. Basuki Hadimuljono menjelaskan pembebasan lahan sudah berjalan dengan baik, sehingga harapannya hal itu menjadi proyek statistik nasional.

"Tentunya forum komunikasi pimpinan daerah dan pihak aparat TNI/Polri dapat membantu kelancaran pekerjaan itu dengan baik," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler