Delapan Festival Wisata Jatim 2023, Ini Daftarnya

Pelaku-pelaku wisata dan ekonomi kreatif dapat memanfaatkan secara maksimal momentum ini guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
Ilustrasi festival fesyen.
Ilustrasi festival fesyen.

Bisnis.com, SURABAYA — Sebanyak delapan festival kebudayaan yang telah rutin menjadi agenda pariwisata di Jawa Timur masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023.

"Jatim menjadi provinsi dengan penyumbang festival terbanyak nasional dalam KEN 2023. Semoga ini membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat Jatim karena mampu mendorong dan menggerakkan ekonomi daerah," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Minggu (29/1/2023).

Sebagaimana diumumkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), delapan festival di Jatim yang masuk KEN 2023 yaitu Jember Fashion Carnival, Festival Reog Ponorogo, Festival Gandrung Sewu Banyuwangi, East Java Fashion Harmony, Festival Rujak Uleg Surabaya, Banyuwangi Ethno Carnival, Batu Street Food, dan Festival Musik Tradisional Rontek Pacitan.

Gubernur Khofifah optimistis kinerja sektor pariwisata Jatim akan tumbuh positif sepanjang tahun ini.

Mantan Menteri Sosial itu berharap pelaku-pelaku wisata dan ekonomi kreatif dapat memanfaatkan secara maksimal momentum ini guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Pemasaran paket wisata harus dilakukan secara kekinian. Selain itu fasilitas dan amenitas yang mendukung kegiatan pariwisata, seperti fasilitas makan cuci kakus/ MCK, hotel, tempat ibadah, restoran, tempat oleh-oleh, hingga sarana transportasi juga harus diperhatikan agar dapat memenangkan pasar," ujar dia.

Khofifah mengatakan, di luar delapan agenda pariwisata Jatim yang masuk KEN 2023, terdapat 254 kegiatan dari daerah kabupaten/ kota lainnya yang berskala regional, nasional hingga internasional. Mulai dari kegiatan festival budaya, fesyen, karnaval, musik, kuliner, upacara adat, olahraga pariwisata dan pameran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper