Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jembatan Gladak Perak Kembali Tersambung, Harapan Kebangkitan Ekonomi

Jembatan Gladak Perak akan menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia dengan panjang 140 meter, lebar rangka 12 meter dan lebar aspal 7,5 meter.
Jembatan Gladak Perak yang hampir selesai pembangunannya di Lumajang, Selasa (3/1/2023)./Antara-Diskominfo Lumajang.
Jembatan Gladak Perak yang hampir selesai pembangunannya di Lumajang, Selasa (3/1/2023)./Antara-Diskominfo Lumajang.

Bisnis.com, LUMAJANG - Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap tersambungnya rangka Jembatan Gladak Perak yang terputus akibat erupsi Gunung Semeru dapat membangkitkan sektor perekonomian di wilayah setempat.

"Kini rangka jembatan Gladak Perak mulai tersambung, sehingga saya berharap ke depan dapat menyambungkan kembali perekonomian yang terputus," katanya saat meninjau proses pembangunan jembatan di Kecamatan Candipuro, Selasa (3/1/2023).

Bupati yang biasa dipanggil Cak Thoriq itu meninjau Jembatan Gladak Perak bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati didampingi sejumlah perangkat daerah.

"Kami berharap dengan tersambungnya jembatan Gladak Perak dapat segera difungsikan kembali untuk menjadi persambungan ekonomi masyarakat Lumajang yang terputus beberapa waktu lalu akibat terdampak erupsi Semeru," tuturnya.

Ia menjelaskan proses penyambungan jembatan diperkirakan akan rampung dalam dua hari ini dan pihaknya juga menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam percepatan recovery bencana erupsi Semeru.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Lumajang mengucapkan terima kasih kepada Menteri PUPR Pak Basuki dan jajaran Kementerian PUPR yang melakukan percepatan penanganan bencana termasuk membangun kembali Jembatan Gladak Perak," katanya.

Sementara itu pimpinan proyek Jembatan Gladak Perak, Tatang mengatakan bahwa pihaknya terus mengebut proses pembangunan jembatan yang terdampak erupsi Semeru.

"Jembatan Gladak Perak akan menjadi jembatan rangka baja terpanjang di Indonesia dengan panjang 140 meter, lebar rangka 12 meter dan lebar aspal 7,5 meter," tuturnya.

Ia menjelaskan jembatan itu akan dilakukan loading test terlebih dahulu sebelum difungsikan untuk umum nantinya. Loading test merupakan metode pengujian yang dilakukan pada jembatan dengan cara menempatkan beban berat pada jembatan secara diam/tidak bergerak.

"Pada Januari 2023 sudah mulai pengecoran dan syarat pembukaannya menunggu loading test, kemungkinan bulan Februari 2023," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper