Arus Penumpang Kapal Diprediksi Naik 25 Persen saat Nataru

Mengantisipasi lonjakan penumpang kapal tersebut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan sebanyak 21 terminal penumpang untuk menyambut arus mudik Nataru 2022.
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019)./Antara-Didik Suhartono
Penumpang turun dari KM Dharma Kartika IX yang bersandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, JawaTimur, Selasa (28/5/2019)./Antara-Didik Suhartono

Bisnis.com, SURABAYA — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 memprediksi tren penumpang kapal laut selama momen Natal dan Tahun Baru ini akan meningkat hingga 25 persen dibandingkan momen yang sama tahun lalu.

Regional Head 3 Pelindo, Ardhy Wahyu Basuki mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang kapal tersebut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan sebanyak 21 terminal penumpang untuk menyambut arus mudik Nataru 2022.

“Pada Natal dan Tahun Baru tahun lalu capaian arus penumpang tercatat sekitar 180.000 penumpang, dan tahun ini kita perkirakan akan mencapai sekitar 225.000 penumpang atau naik 25 persen,” jelasnya, Senin (20/12/2022).

Menurutnya, perkiraan peningkatan tersebut sejalan dengan kebijakan pelonggaran aturan bepergian dari pemerintah pasca meredanya pandemi Covid-19.

Dia mengatakan Pelindo Regional 3 pun telah melakukan sejumlah persiapan di antaranya seperti fasilitas keamanan dan kenyamanan, hingga kesehatan bagi calon pemudik yang tiba maupun berangkat dari setiap terminal penumpang.

“Sejumlah fasilitas yang sudah siap seperti ruang tunggu penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan CCTV untuk memastikan keamanan bagi calon pemudik,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, Pelindo Regional 3 juga terus berkoordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan seperti Otoritas Pelabuhan, Syahbandar dan penyedia pelayaran agara arus mudik Nataru 2022 melalui jalur laut dapat berjalan lancar.

Adapun terminal penumpang di bawah naungan Pelindo Regional 3 di antaranya, Pelabuhan Maumere, Pelabuhan Ende, Pelabuhan Kupang Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Gilimas, Pelabuhan Bima dan Lembar.

Ardhy juga mengimbau agar calon penumpang tetap memenuhi protokol kesehatan selama perjalanan khususnya di terminal penumpang agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper