Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memprioritaskan Membeli Produk UMKM Ekspresi Mengisi Kemerdekaan RI

Membeli produk usaha mikro kecil menengah bisa menjadi bagian mengisi peringatan kemerdekaan Indonesia.
Pengunjung melihat produk UMKM yang dipamerkan di Episode Hotel, Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2022)./Antara-Fauzan.
Pengunjung melihat produk UMKM yang dipamerkan di Episode Hotel, Tangerang, Banten, Sabtu (13/8/2022)./Antara-Fauzan.

Bisnis.com, SURABAYA - Komisi B Bidang Perekonomian DPRD Kota Surabaya mengajak warga dari berbagai lapisan di Kota Pahlawan, Jawa Timur, mencintai produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Mencintai itu dengan membeli produk UMKM, jadi tidak hanya mempromosikan," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya Anas Karno di Surabaya, Senin (15/8/2022).

Tentunya, lanjut dia, hal itu akan menggerakkan sektor riil ekonomi di tingkat bawah dan selanjutnya akan diikuti oleh sektor ekonomi di tingkat menengah maupun atas.

Menurut Anas, cinta produk UMKM itu juga selaran dengan tema besar HUT ke-77 RI yaitu Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat. Tema ini mengacu pada kondisi pandemi Covid-19, selama kurang lebih 2 tahun terakhir, yang menekan pertumbuhan ekonomi domestik, maupun nasional.

Anas mengatakan, UMKM terbukti menjadi penopang dan ujung tombak, ekonomi secara makro dan juga terhadap pertumbuhan ekonomi di Surabaya. Untuk itu, kata dia, perhatian akan keberadaan UMKM sangat penting, untuk mendongkrak percepatan pemulihan ekonomi dan bangkit lebih kuat.

Anas menilai Pemkot Surabaya sudah bekerja keras melakukan pemberdayaan UMKM supaya dapat tumbuh dengan kuat, mulai dari pelatihan berikut pendampingan, produksi sampai pemasaran.

Berbagai program juga dilakukan Pemkot Surabaya untuk memacu pertumbuhan UMKM, misalnya adanya aplikasi E-Peken dan Surabaya Great Expo 2022 yang memasarkan produk ribuan pelaku UMKM di Surabaya.

Anas berharap dengan berbagai program pemasaran yang digelar khususnya berskala besar, produk UMKM tidak hanya bermain di pasar lokal domestik, melainkan bisa merambah pasar internasional.

"Artinya ketika salah satu atau beberapa produk UMKM Surabaya bisa memasuki pasar ekspor, ini tentunya akan membanggakan dan bisa menjadi pemantik terhadap produk UMKM lainnya untuk masuk ke pasar internasional," kata dia.

Pada HUT ke-77 RI ini, Anas berharap Indonesia, secara khususnya untuk Kota Surabaya, merdeka di tingkat perekonomian dan pendidikan. "Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terjamin, karena ini sudah menjadi semangat dan cita-cita Bung Karno, founder father bangsa,"ujar Anas.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya Fauzie Mustaqiem Yos sebelumnya mengatakan, sebanyak 144 pelaku UMKM mengikuti pameran nasional Surabaya Great Expo 2022 yang digelar dalam rangka HUT ke-77 RI di Grand City Surabaya pada 24-28 Agustus 2022.

Menurut Yos, pameran ini bertujuan menarik buyer traders dan investor dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional dan global. Pameran ini juga merupakan ajang untuk promosi hiburan, belanja dan rekreasi bagi keluar serta semua lapisan masyarakat.

Yos juga menegaskan produk yang dipamerkan UMKM sangat beragam, mulai dari fashion craft, produk perbankan, peralatan rumah tangga, makanan, produk daring dan medical tourism.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler