Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Komponen Otomotif Indospring (INDS) Ditarget Naik 30 Persen

Proyeksi penjualan tahun ini sejalan dengan proyeksi pasar domestik dari Gaikindo yang diperkirakan sebanyak 900.000 unit mobil terjual tahun ini.
Suasana hari pertama GIIAS 2021 dibuka untuk umum, Jumat (12/11/2021). Bisnis-Muhammad Khadafi
Suasana hari pertama GIIAS 2021 dibuka untuk umum, Jumat (12/11/2021). Bisnis-Muhammad Khadafi

Bisnis.com, SURABAYA - Produsen komponen kendaraan bermotor berupa pegas, PT Indospring Tbk (INDS) menargetkan penjualan tahun ini bisa mencapai Rp3,4 triliun atau naik 30 persen (Yoy) seiring dengan pulihnya pasar otomotif serta telah dilakukannya akusisi PT MK Prima Indonesia.

Direktur Indospring, Bob Budiono mengatakan proyeksi penjualan tahun ini sejalan dengan proyeksi pasar domestik dari Gaikindo yang diperkirakan ada sebanyak 900.000 unit mobil terjual tahun ini atau tumbuh dibandingkan 2021 yang hanya 887.000 unit.

“Selain itu, perseroan telah mengakuisisi 51 persen saham PT MK Prima Indonesia dari PT Indoprima Gemilang dengan nilai investasi sebesar Rp91 miliar pada 27 Juni 2022. Investasi ini pun diharapkan memberikan peningkatan pendapatan dan laba bagi perseroan,” jelasnya dalam Paparan Publik Virtual, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, lanjutnya, tahun ini perseroan juga telah mengoperasikan line stabilizer bar yang memiliki kapasitas 900.000 pcs per tahun, bahkan merencanakan penambahan investasi 2 line leaf spring tahun ini yang diperkirakan akan beroperasi pada 2023. 

Direktur Utama Indospring, Wiranto Nurhadi menambahkan, perseroan semakin optimistis karena industri otomotif diperkirakan mengalami kenaikan penjualan mobil dan sepeda motor karena dipengaruhi oleh daya beli konsumen dan naiknya harga komoditas seperti batu bara, nikel, dan sawit. 

“Hingga kuartal I/2022 ini, penjualan bersih kita sudah mencapai Rp777 miliar atau naik 34 persen year on year (YoY), dengan capaian laba bersih Rp34 miliar atau turun 30 persen (YoY),” ujarnya.

Wakil Direktur Indospring, Lioe Cu Ling mengatakan meski penjualan bersih ditargetkan meningkat 30 persen, tetapi memang kinerja laba bersih sampai akhir tahun ini secara forecast diperkirakan mencapai Rp141 miliar atau turun 11 persen dibandingkan 2021 yang mencapai Rp158 miliar.

Penurunan proyeksi laba bersih 2022 ini, katanya, dipengaruhi oleh kondisi harga material bahan baku baja yang secara global mengalami kenaikan, termasuk biaya ocean freight untuk mengangkut bahan baku yang juga cukup tinggi.

“Namun kita tetap menaruh harapan positif di pasar otomotif baik domestik dan ekspor. Kami yakin masih tetap bisa melakukan efisiensi pada biaya produksi, dan operasional lainnya. Kita juga masih wait and see apakah akan mengkoreksi harga jual dengan melihat perkembangan ke depan bagaimana daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Adapun pada 2021, perseroan membukukan penjualan sebesar Rp2,6 triliun naik 63 persen (YoY). Peningkatan ini dipengaruhi oleh kenaikan penjualan kendaraan roda empat sebesar 67 persen dan roda dua sebesar 34 persen (YoY).

Dari total penjualan tahun lalu, pasar ekspor berkontribusi sebesar Rp1,16 triliun dengan negara tujuan ekspor yakni ke Jepang, Korea Selatan, India, Thailand, Malaysia, Amerika Serikat, Australia, Rusia serta beberapa negara di Afrika, Timur Tengah dan Amerika Selatan. 

Sedangkan sisanya dikontribusi pasar dalam negeri dari segmen pasar purna jual serta dari segmen pabrikan otomotif besar seperti Mitsubishi, Hino, Isuzu, Daihatsu, Toyota, Honda dan Suzuki dan Hyundai, dan semua pabrikan sepeda motor.

Saat ini Indospring memiliki 4 pabrik spring, dengan kapasitas per tahun untuk masing-masing produk adalah sebesar 120.000 ton pegas daun, 4,8 juta buah pegas keong panas dan 84 juta buah pegas keong dingin, 24 juta buah valve spring dan 8,4 juta buah wire ring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Wahyu Arifin
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper