Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Performa Penyaluran Listrik ke GI Kenjeran Turun, PLN Ganti Material Transmisi

Gardu Induk Sukolilo merupakan sumber pasokan listrik ke Gardu Induk Kenjeran yang selama ini menjadi salah satu pemasok listrik ke wilayah Madura. 
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  15:04 WIB
Petugas PLN UIT JBM melakukan penggantian material transmisi utama dari GI Sukolilo ke GI Kenjeran Surabaya. Dok. PLN UIT JBM
Petugas PLN UIT JBM melakukan penggantian material transmisi utama dari GI Sukolilo ke GI Kenjeran Surabaya. Dok. PLN UIT JBM

Bisnis.com, SURABAYA - PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi Surabaya (UPT Surabaya) melakukan pekerjaan penggantian material transmisi utama (MTU) di Gardu Induk Sukolilo dan Kenjeran guna menjaga keandalan pasokan listrik. 

General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan mengatakan pekerjaan penggantian MTU ini dilakukan pada bagian PMS (Pemisah) yang menyalurkan listrik dari Gardu Induk (GI) Sukolilo ke Gardu Induk (GI) Kenjeran.

“Pekerjaan ini dilakukan karena adanya penurunan performa sesuai hasil uji yang telah dilakukan sehingga diperlukan penggantian atau peremajaan MTU,” ujarnya, Senin (20/6/2022).

Didik mengatakan penggantian MTU ini adalah hasil dari tindakan preventif dan assesment PLN untuk pengoptimalan keandalan sistem, sehingga peralatan yang sudah mengalami penurunan performa harus segera diakukan penggantian. 

“MTU langsung kami ganti sebelum terjadinya breakdown yang tentunya itu akan mengganggu sistem kami,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Gardu Induk Sukolilo merupakan sumber pasokan listrik ke Gardu Induk Kenjeran yang selama ini menjadi salah satu pemasok listrik ke wilayah Madura. 

“Kami melakukan upaya ini agar tidak ada kendala dalam menyalurkan pasokan listrik ke wilayah Surabaya dan Pulau Madura,” imbuhnya.

Didik menambahkan, dalam melaksanakan pekerjaan penggantian ini PLN UIT JBM melibatkan tim dari Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Surabaya Utara serta tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) sehingga pekerjaan penggantian 2 set PMS ini bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

“Diharapkan dengan upaya pemeliharaan ini kesiapan instalasi di GI Sukolilo  semakin andal dan kepuasan pelanggan akan meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN listrik jatim surabaya madura
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top