Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Covid-19 Mereda, RS Lapangan Indrapura Resmi Ditutup

Tanah dan bangunan yang digunakan untuk RS Lapangan Indrapura merupakan lahan bersistem pinjam pakai dari Kemenkes RI dan masa pinjam pakai juga sudah selesai
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau fasilitas RS Lapangan Indrapura Surabaya. Dok. Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau fasilitas RS Lapangan Indrapura Surabaya. Dok. Pemprov Jatim

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi menutup RS Lapangan Indrapura Surabaya dengan SK Gubernur Jawa Timur Nomor 188/237/KPTS/013/2022. 

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan setelah beroperasi selama 22 bulan dalam menangani ribuan pasien Covid-19, operasional RS Lapangan Indrapura kini diberhentikan seiring dengan kondisi pandemi Covid-19 di Jatim yang terus membaik dan terkendali.

“Alhamdulillah, dengan kondisi pandemi yang semakin terkendali, dan juga berakhirnya masa pinjam pakai tanah dan bangunan milik Kementerian Kesehatan, maka RS Lapangan Indrapura resmi ditutup operasionalnya,” ujarnya, Senin (18/4/2022).

Dia menjelaskan bahwa tanah dan bangunan yang digunakan untuk RS Lapangan Indrapura merupakan lahan bersistem pinjam pakai dari Kemenkes RI. Masa pinjam pakai juga sudah selesai dan rencananya akan segera dibangun rumah sakit pusat otak, jantung dan kanker.

“Maka dengan pertimbangan matang, termasuk penghematan anggaran serta kondisi kasus yang kian menurun, maka Pemprov resmi menutup operasional RS Lapangan Indrapura,” katanya.

Adapun sejak diresmikan pada Juni 2020, RS Lapangan Indrapura telah merawat pasien sebanyak 10.565 orang. Dengan tingkat kesembuhan pasien hampir 100 persen karena merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang. 

“Format RS Lapangan Indrapura ini memberikan catatan sejarah yang membanggakan karena hadir sebagai solusi utama di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di awal pandemi, di saat banyak fasyankes yang belum memiliki kesiapan matang menangani kasus corona,” katanya.

Khofifah menambahkan, saat ini kondisi Covid-19 di Jatim tercatat ada 577 orang kasus aktif. Tambahan kasus terkonfirmasi harian dalam seminggu terakhir rerata dibawah 50 orang. 

Sementara kondisi BOR ICU RS tercatat 5 persen, dan BOR Isolasi RS hanya 3 persen. Sedangkan kondisi BOR isoter (isolasi terpusat) hanya 0,1 persen.

"Meski RS Lapangan Indrapura resmi ditutup operasionalnya, kita memastikan bahwa layanan rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim tetap standby tidak ada yang berkurang. Selain itu format pusat karantina dan RS Darurat juga masih tersedia di beberapa titik,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper