Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

25 Truk ODOL Terjaring Razia di Tol Madiun-Kertosono

Kendaraan angkutan yang dimensi baknya diubah melebihi standar diwajibkan mengembalikan ke ukuran yang telah ditetapkan. Sementara kendaraan dengan muatan lebih diberi surat tilang (bukti pelanggaran).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  07:56 WIB
25 Truk ODOL Terjaring Razia di Tol Madiun-Kertosono
Petugas PJR Polda Jatim dan PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono-Kediri (JNK) memeriksa kelengkapan surat kendaraan, SIM, besaran muatan, dan dimensi terhadap sejumlah kendaraan angkutan di Jembatan Timbang Jalan Tol Ruas Madiun-Kertosono KM 649, Rabu (23/2/2022). - Antara/Louis Rika.
Bagikan

Bisnis.com, MADIUN - Petugas gabungan dari Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Timur dan PT Jasa Marga Ngawi-Kertosono-Kediri (JNK) merazia kendaraan over dimension over loading (ODOL) di Jembatan Timbang Jalan Tol Ruas Madiun-Kertosono KM 649.

Kanit PJR 6 Polda Jatim AKP Puguh Winarno mengatakan dalam razia tersebut, petugas berhasil mendapatkan puluhan kendaraan angkutan yang kelebihan muatan dan tidak sesuai dimensi.

"Operasi penertiban kendaraan ODOL ini bertujuan menekan kecelakaan lalu lintas dan menjaga aspek keamanan bagi kendaraan pengguna jalan tol," ujar AKP Puguh di Madiun, Rabu (23/2/2022).

Dari hasil operasi kendaraan odol yang digelar selama beberapa jam tersebut, petugas gabungan berhasil menindak sebanyak 25 kendaraan yang kelebihan muatan dan tidak sesuai dimensi.

Bagi kendaraan angkutan yang dimensi baknya diubah melebihi standar diwajibkan mengembalikan ke ukuran yang telah ditetapkan. Sementara kendaraan dengan muatan lebih diberi surat tilang (bukti pelanggaran).

Puguh menjelaskan sudah banyak kejadian kecelakaan yang diakibatkan oleh muatan yang berlebihan. Sebab, kendaraan yang bermuatan berlebihan tidak akan bisa optimal saat melintas di jalan raya bahkan rentan kecelakaan saat berjalan di tikungan tajam ataupun tanjakan.

Selain rentan terjadi kecelakaan, muatan berlebihan dan tonase tidak sesuai kelas jalan akan merusak infrastruktur jalan yang dilintasi.

Untuk itu, pihaknya mengimbau para pengguna jalan untuk mematuhi tata tertib berlalu lintas. Ia menegaskan akan menindak tiap pelanggar kendaraan angkutan barang yang bermuatan berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi jatim tol kertosono-mojokerto tol ngawi-kertosono Truk ODOL

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top