Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebun Raya Purwodadi Dilengkapi Menara Pandang dan Rumah Kaca

Menara Pandang yang menjadi center point Kebun Raya Purwodadi, juga merupakan tempat koleksi tumbuhan.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  06:37 WIB
Plt General Manager PT Mitra Natura Raya di Kebun Raya Purwodadi, Galendra Jaya (kiri), bersama Plt Kepala Kantor Kebun Raya Purwodadi, Sugeng Budiharta, di Rumah Kaca Kebun Raya Purwodadi, Minggu (30/1/2022). - Bisnis/Choirul Anam
Plt General Manager PT Mitra Natura Raya di Kebun Raya Purwodadi, Galendra Jaya (kiri), bersama Plt Kepala Kantor Kebun Raya Purwodadi, Sugeng Budiharta, di Rumah Kaca Kebun Raya Purwodadi, Minggu (30/1/2022). - Bisnis/Choirul Anam

Bisnis.com, PASURUAN — Kebun Raya Purwodadi, Kab. Pasuruan, dilengkapi dengan Menara Pandang dan Rumah Kaca untuk menarik wisatawan berkunjung ke kebun konservasi tumbuhan tersebut.

Plt General Manager PT Mitra Natura Raya di Kebun Raya Purwodadi, Galendra Jaya, mengatakan revitalisasi Menara Pandang dan Rumah Kaca meliputi penataan interior, air mancur dilengkapi dengan instalasi lampu yang menyala pada malam hari, serta area bermain yang ramah bagi anak yang dinikmati pengunjung setiap harinya.

“Dengan fasilitas itu, diharapkan ada peningkatan pengunjung. Saat ini, kunjungan wisatawan ke Kebun Raya Purwodadi mencapai 1.000 wisatawan pada akhir pekan dan diharapkan meningkat menjadi 2.000 wisatawan pada akhir pekan,” kartanya di sela-sela Puncak Festival 81 Tahun Kebun Purwodadi, Pasuruan, Minggu (30/1/2022).

Menara Pandang yang menjadi center point Kebun Raya Purwodadi, juga merupakan tempat koleksi tumbuhan dengan ruang luas di sekitar tersebut yang dapat digunakan untuk beragam aktivitas pengunjung.

Selain dua tempat tersebut, pengunjung dapat mengunjungi taman tematik yang terdapat di Kebun Raya Purwodadi, seperti Taman Obat, Taman Meksiko, Raman Buah Lokal, Taman Bougenville, Taman Akuatik, serta masih banyak lagi taman tematik menarik lainnya.

Plt Kepala Kantor Kebun Raya Purwodadi, Sugeng Budiharta, mengusulkan agar Rumah Kaca dikembangkan menjadi hutan berkabut sehingga diharapkan lebih banyak menarik pengunjung datang ke kebun tersebut.

“Pengembangan fungsi rekreasi bagi Kebun Raya Purwodadi dibolehkan selama tidak mengganggu fungsinya yang utama sebagai tempat riset dan konservasi tumbuhan,” katnya.

Galendra menyanggupi mengembangkan Rumah Kaca karena teknologinya sebenarnya tidak rumit dan tidak banyak membutuhkan investasi yang banyak. Hanya ditambah air mancur yang banyak.

Menurut dia, Menara Pandang, Rumah Kaca dan Menara Pandang dibangun bekerja sama dengan BRI dan Bank Mandiri digagas sejak 2021 dengan tujuan meningkatkan fungsi di bidang konservasi dan penelitian serta pelayanan publik.

“Di usia yang ke-81 tahun, kami mengajak masyarakat untuk berkunjung menikmati sejarah dan keindahan Kebun Raya Purwodadi,” katanya.(K24)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasuruan jatim kebun raya
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top