Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Songsong Tahun Kunjungan Wisata 2022, Pasuruan Perbaiki Infrastruktur

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan penunjangnya Gunung Bromo masih menjadi magnet utama wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Pasuruan.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  09:52 WIB
Bupati Pasuruan, M. Irsyad Yusuf (empat dari kanan), pada saat peluncuran Kalender Wisata Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2022 dan Aplikasi Smart Promotion Pariwisata di Pasuruan, Senin (27/12/2021) malam. - Istimewa
Bupati Pasuruan, M. Irsyad Yusuf (empat dari kanan), pada saat peluncuran Kalender Wisata Daerah Kabupaten Pasuruan Tahun 2022 dan Aplikasi Smart Promotion Pariwisata di Pasuruan, Senin (27/12/2021) malam. - Istimewa

Bisnis.com, PASURUAN — Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kian mematangkan berbagai persiapan pendukungnya, utamanya dari segi infrastruktur, menyongsong Tahun Kunjungan Wisatawan 2022.

Bupati Pasuruan, M. Irsyad Yusuf, mengatakan pembangunan infrastruktur didanai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pasuruan, APBD Provinsi Jawa Timur, serta APBN, baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif maupun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Perbaikan jalan akses difokuskan kepada akses destinasi wisata alam yang begitu mendunia dengan tagline The Real Sunrise of Bromo Mountain,” katanya, Rabu (29/12/2021).

Melalui Program Hibah Jalan Daerah (PHJD) tahun 2021, kata dia, ada beberapa ruas jalan di Kecamatan Tosari yang diperbaiki secara bertahap, mulai dari jalan Dingklik-Penanjakan, Dingklik-Lautan Pasir, jalan Wonokitri-Sedaeng, lingkar Pasar Wonokitri-Pendopo Agung, Jalan Tosari-Podokoyo, Wonokitri-Podokoyo, jalan Wonomerto-Ngadiwono, Ngadirejo-Podokoyo, dan jalan Tosari-Wonokitri.

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan penunjangnya Gunung Bromo, dia menilai, masih menjadi magnet utama wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Pasuruan.

View point Penanjakan merupakan pemandangan terbaik, nyaman dan aman. Ditunjang dengan potensi agrowisata yang cukup beragam yang siap memanjakan wisatawan di Kecamatan Tutur.

Dia menuturkan, Pemkab Pasuruan meningkatkan promosi pariwisata melalui bermacam strategi a.l berupa pembuatan aplikasi wisata, kalender wisata, video wisata serta memaksimalkan media sosial sebagai media display seperti Instagram Tourism Pasuruan, akun Facebook Pariwisata Kabupaten Pasuruan dan akun Youtube Tourism Pasuruan.

“Hal penting lainnya yang juga terus dimaksimalkan kesiapannya adalah pemberian bekal melalui pelatihan peningkatan kapasitas SDM. Sasarannya para pelaku wisata atau pengelola destinasi wisata, Desa Wisata dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) seperti kegiatan Pelatihan Pengembangan Wisata digelar di Kecamatan Tosari pada tanggal 8 Desember 2021,” ujarnya.(K24)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata pasuruan jatim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top