Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Temuan Bus Tak Laik Jalan di Surabaya Berlanjut

Bus juga harus memenuhi syarat teknis seperti fungsi lampu kendaraan, wiper, kaca, rem, kondisi ban dan masih banyak lainnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Desember 2021  |  17:30 WIB
Temuan Bus Tak Laik Jalan di Surabaya Berlanjut
Suasana terminal Purabaya atau Bungurasih Surabaya. - Bisnis/Peni W.
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyebut rata-rata setiap hari ada delapan unit bus yang tidak laik jalan khususnya pada saat menjelang libur panjang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022.

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudrajad di Surabaya, Senin (20/12/2021), mengatakan, bus yang tak laik jalan itu diberhentikan dan dilarang mengangkut penumpang.

"Kami mengimbau masyarakat agar lebih teliti sebelum naik bus dan melihat stiker kelaikan jalan bus pada kaca sisi depannya," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat saat menggunakan alat transportasi publik. Salah satunya melakukan ramcheck pada angkutan umum bus di Terminal Bungurasih dan Tambak Osowilangun (TOW).

"Tentu akan kami cek. Kami pastikan setelah bus keluar dari terminal kita tidak ada kendala dan safe bagi penggunanya," kata Irvan.

Pengecekan yang dilakukan oleh personel Dishub Kota Surabaya itu nantinya akan dilihat dari segi administratif smart card dan kartu pengawasan trayek.

Agar lebih safety, lanjut dia, bus juga harus memenuhi syarat teknis seperti fungsi lampu kendaraan, wiper, kaca, rem, kondisi ban dan masih banyak lainnya. Bukan itu saja, perlengkapan darurat, seperti kotak P3K, apar, dan lain sebagainya juga tak luput dari pengawasan.

"Kalau tidak memenuhi syarat-syarat tersebut maka tidak bisa keluar dari terminal, tidak boleh mengangkut penumpang dari terminal. Karena bus akan kami tempeli stiker khusus laik jalan," ujar Irvan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya transportasi publik Natal dan Tahun Baru

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top