Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cakupan Vaksinasi Lansia di Kab. Pasuruan 43,28 Persen

Capaian cakupan vaksinasi lansia tak lepas dari kerja keras semua pihak.
Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron (tengah, memakai rompi), saat meninjau vaksinasi di Kec. Puspo, Kamis (18/11/2021)./Istimewa
Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron (tengah, memakai rompi), saat meninjau vaksinasi di Kec. Puspo, Kamis (18/11/2021)./Istimewa

Bisnis.com, PASURUAN—Cakupan vaksinasi lansia di Kab. Pasuruan sudah berhasil menembus 43,28 persen per Kamis (18/11/2021) sehingga sudah layak memperoleh status PPKM Level 2.

Wakil Bupati Pasuruan, Abdul Mujib Imron, mengatakan capaian itu berkat program, percepatan vaksinasi, khususnya yang menyasar pada lansia yang terus dikebut.

“Dengan capaian prosentase yang sudah melebihi 40 persen, Kabupaten Pasuruan dipastikan akan segera memasuki PPKM Level 2,” katanya, Kamis (18/11/2021).

Menurut dia, capaian cakupan vaksinasi lansia tak lepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari monitoring yang secara terus menerus oleh Pemkab Pasuruan bersama Forpimda, serta pendekatan dan sosialisasi intens dari Dinas Kesehatan. Terlibat pula seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, Babinsa, Babinkamtibmas, kades, lurah, hingga semua pihak yang mendengungkan pentingnya vaksinasi.

"Pak Bupati dan saya sangat berterima kasih pada Pak Kapolres Kota dan Kabupaten, Pak Dandim, Kajari, Ketua PN Bangil dan semua pihak yang sama-sama intens mengajak kepada masyarakat agar mau divaksin. Khususnya meyakinkan para lansia yang memang tidak mudah sampai mereka akhirnya mau divaksin," ucapnya.

Demi memastikan vaksinasi terus dipercepat, dirinya dan sejumlah OPD berkeliling ke wilayah yang warganya belum divaksin. Seperti Kamis (18/11/2021), Gus Mujib melakukan monitoring bersama Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad dan Kepala Dinas Kesehatan, dr Ani Latifah melihat jalannya vaksinasi di Desa Lemahbang, Kecamatan Pasrepan; serta 3 desa di Kecamatan Puspo, yakni Desa Janjang Wulung, Palangsari, dan Desa Kemiri dan Desa Puspo itu sendiri.

Menurut dia, monitoring dilakukan untuk memastikan jalannya vaksinasi berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti.

Vaksinasi tak hanya sudah menyasar remaja dan masyarakat umum, namun banyak lansia yang ikut berpartisipasi.

"Tadi kita pertama ke Desa Lemahbang Pasrepan. Di sana tidak hanya lansia, tapi masyarakat umum yang juga sangat antusias. Begitu juga di Desa Janjang Wulung, Palangsari dan Kemiri yang semua dijadwalkan untuk lansia, Alhamdulillah sudah sesuai target minimal 20 orang, tapi Insya Allah lebih dari itu," ucapnya.

Vaksinasi khusus para lansia yang sudah mencapai 43,28 persen terus ditingkatkan di 24 kecamatan. Cakupan vaksinasi secara keseluruhan yang kini mencapai 55,36 persen.

Dia optimistis, pada pekan ke tiga Desember mendatang, Kabupaten Pasuruan bisa memasuki PPKM level I dengan cakupan vaksinasi yang mencapai 70 persen jumlah penduduk di Kabupaten Pasuruan,

"Intinya gak boleh kendor karena ini adalah misi kemanusiaan, menjaga kesehatan dan ekonomi supaya cepat tumbuh di Kabupaten Pasuruan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya," ujarnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper