Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disertasi Menyimpulkan Yoga Beri Efek Positif bagi Perempuan

Setiap gerakan yoga mampu memperlancar peredaran darah dan menyeimbangkan hormon.
Olahraga Yoga./Jibiphoto
Olahraga Yoga./Jibiphoto

Bisnis.com, MALANG - Olahraga yoga memberikan beragam efek positif pada gejala menopause bagi wanita.

Demikian salah kesimpulan dari penelitian disertasi Henny Dwi Susanti, Dosen Fakultas Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Taipei Medical University, Taiwan dan berhasil meraih gelar doktor.

Disertasi dengan judul “Mediating Effects of Psychological Symptoms and Effects of Yoga on Menopausal Symptoms and Sleep Quality Across Menopause Status in Indonesian Women” ini membahas bagaimana pengaruh yoga pada gejala menopause, juga efeknya bagi kualitas tidur pada status menopause wanita Indonesia.

“Olahraga yoga dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga keseimbangan hormon. Sehingga dapat meredakan stres dan juga meningkatkan kualitas tidur. Utamanya bagi wanita yang berada di masa menopause,” ujarnya, Jumat (10/9/2021).

Setiap gerakan yoga mampu memperlancar peredaran darah dan menyeimbangkan hormon. Hal ini dapat memberikan efek yang baik yakni meredakan depresi serta mengurangi gangguan tidur yang sering terjadi.

Menurut dia, yoga menjadi olahraga yang banyak direkomendasikan di masa pandemi Covid-19. Khususnya dalam usaha menyehatkan dan menjaga tubuh. Lebih lanjut, ia menyebut bahwa gejala menopause dapat menurunkan kondisi badan. Tidak hanya dari aspek jasmani saja tapi juga rohani.

“Oleh karenanya, yoga bisa menjadi salah satu solusi dalam mengurangi gejala menopause yang biasa dirasakan wanita di usia senja,” ujarnya.

Henny yang dosen Prodi Ilmu Keperawatan Fikes UMM ini berharap dapat membagikan ilmu yang ia dapat selama di Taiwan. Dia juga ingin agar nantinya bisa mendapat kesempatan untuk memberikan yoga exercise secara online pada masa pandemi ini.

“Jadi saya bisa turut membantu meringankan gejala yang biasa ibu-ibu menopause alami,” ucapnya.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper