Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keyakinan Konsumen di Malang Meningkat pada Agustus

IKK pada bulan Agustus tercatat sebesar 77,23 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu sebesar 71,17.
Ilustrasi./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya
Ilustrasi./Bisnis-Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, MALANG — Keyakinan konsumen di Kota Malang meningkat pada Agustus yang dipicu massif-nya pelaksanaan vaksinasi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan hasil Survei Konsumen Bank Indonesia Malang pada bulan Agustus 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen mulai meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang mengalami peningkatan walau masih di level yang belum mencapai optimis.

“IKK pada bulan Agustus tercatat sebesar 77,23 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu sebesar 71,17,” katanya di Malang, Selasa (31/8/2021).

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebagai salah satu komponen pembentuk IKK, kata dia, menunjukkan tren penurunan tercatat sebesar 51,83 lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 55,83.

Hal ini terutama disebabkan oleh turunnya persepsi konsumen untuk pembelian durable goods seiring dengan masih berlangsungnya kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Penurunan tersebut terjadi pada hampir seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia.

Menurut dia, konsumen masih optimis terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan yang tercermin dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) mengalami peningkatan menjadi 102,67 setelah bulan lalu tercatat sebesar 86,67.

“Dengan begitu ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan masih terjaga dan berada pada level optimis (indeks > 100),” ucapnya.

Konsumen memprakirakan kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja dan penghasilan akan mengalami peningkatan sejalan dengan akselerasi program vaksinasi baik di pusat maupun daerah. Indeks ekspektasi kegiatan usaha pada Agustus 2021 meningkat 23,50 poin (93,50) dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 70,00.(K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper