Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pabrik Gula Assembagoes Situbondo Giling 200.000 Ton Tebu

Hingga pertengahan Agustus, pabrik baru giling 200.000 ton tebu dan menghasilkan gula sekitar 13.000 ton.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Agustus 2021  |  20:26 WIB
Dokumentasi. Percobaan giling tebu di PG Assembagoes Situbondo. Jumat (17/5/2019). - Istimewa)
Dokumentasi. Percobaan giling tebu di PG Assembagoes Situbondo. Jumat (17/5/2019). - Istimewa)

Bisnis.com, SITUBONDO - Manajemen Pabrik Gula Assembagoes Situbondo, Jawa Timur, mencatat giling tebu sekitar 200 ribu ton dari target awal giling pada tahun 2021 sebanyak 350.000 ton tebu.

General manajer PG Assembagoes Situbondo Agus Priambodo mengemukakan hingga pertengahan Agustus 2021, pabrik gula di Kecamatan Asembagus itu baru menggiling tebu sekitar 60 persen dari target 350.000 ton.

"Hingga pertengahan Agustus, pabrik baru giling 200 ribu ton tebu dan menghasilkan gula sekitar 13 ribu ton. Memang PG Assembagoes masih belajar giling (belum optimal)," katanya di Situbondo, Kamis (19/8/2021).

Ia menjelaskan bahwa PG Assembagoes belum bisa beroperasi maksimal karena peralatan baru membutuhkan sinkronisasi. Selain itu, kendala lainnya adalah banyaknya tebu petani yang dijual ke pabrik luar daerah.

Kata Agus, ke depan diharapkan kepercayaan petani tebu akan terus tumbuh, dan pasokan tebu yang akan digiling akan semakin banyak.

"Dan tentunya dengan adanya tiga pabrik gula di Situbondo, yakni PG Assembagoes, PG Pandjie dan PG Wringinanom bisa memberikan manfaat untuk Kabupaten Situbondo," tuturnya.

Agus Priambodo belum bisa memastikan kapan akan tutup giling, karena selama masih ada pasokan tebu dari petani pabrik gula milik PT Perkebunan Nusantara XI, itu, tetap akan giling.

"Pada intinya, selama pasokan tebu masih ada PG tetap giling, harapan kami giling hingga akhir September," katanya.

Sejak 2016, PG Assembagoes dilakukan pengembangan dan modernisasi dengan anggaran sekitar Rp250 miliar menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2015 dan sisanya merupakan dana pendamping investasi PTPN XI.

Pengembangan dan modernisasi PG Assembagoes tersebut berupa peningkatan kapasitas giling dari 3.000 ton menjadi 6.000 ton per hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gula jatim situbondo ptpn xi

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top