Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebun Binatang Surabaya Kembali Bergeliat

Kalau akhir pekan atau hari libur bisa mencapai empat ribu orang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  16:18 WIB
Direktur SDM PT Pelindo III Edi Priyanto (kedua kanan) memberi makan komodo di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/5/2021). PT Pelindo III berpartisipasi pada program orang tua asuh satwa (Otas) untuk komodo sebagai bentuk dukungan dalam pelestarian dan perawatan komodo yang ada di KBS. - Antara/Moch Asim.
Direktur SDM PT Pelindo III Edi Priyanto (kedua kanan) memberi makan komodo di Kebun Binatang Surabaya, Jawa Timur, Senin (31/5/2021). PT Pelindo III berpartisipasi pada program orang tua asuh satwa (Otas) untuk komodo sebagai bentuk dukungan dalam pelestarian dan perawatan komodo yang ada di KBS. - Antara/Moch Asim.

Bisnis.com, SURABAYA - Kebun Binatang Surabaya (KBS) bangkit di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dengan rata-rata pengunjung berjumlah dua ribu orang setiap, kata pihak pengelola.

Direktur Perusahaan Daerah (PD) Taman Satwa KBS Chairul Anwar mengungkapkan jumlah pengunjung bergeliat sejak pemerintah menggalakkan program vaksinasi Covid-19 secara masif.

"Sejak itu, jumlah pengunjung berkisar dua ribu hingga tiga ribu orang per hari. Kalau akhir pekan atau hari libur bisa mencapai empat ribu orang," katanya saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (31/5/2021).

Memang, Chairul menandaskan, masih jauh dibanding masa sebelum pandemi yang rata-rata setiap hari sebanyak 5.000 pengunjung dan mencapai 10.000 orang lebih di akhir pekan atau hari libur.

"Ya, mungkin orang-orang di masa pandemi Covid-19 ini ada rasa untuk menjaga diri mereka. Secara ekonomi perkembangannya juga kayak gitu, banyak yang terdampak pandemi Covid-19," ujarnya.

KBS sempat tutup selama empat bulan di awal pandemi Covid-19. Kemudian dibuka kembali mulai 27 Juni 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan, menyongsong tatanan normal baru di masa pandemi Covid-19.

Chairul menjelaskan demi menjaga agar kelangsungan hidup satwa tetap terjaga dengan baik di tengah pandemi Covid-19, KBS merangkul masyarakat luas, khususnya kalangan perusahaan atau "corporate" di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya untuk turut menjadi orang tua asuh.

Salah satunya ditunjukkan oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang Senin siang menyatakan bersedia menjadi orang tua asuh, khususnya untuk satwa komodo di KBS.

"Hari ini bertepatan dengan hari jadi Kota Surabaya. Kita membantu Kebun Binatang Surabaya menjadi orang tua asuh untuk menjaga kelangsungan hidup satwa. Kebetulan kami menjadi orang tua asuh untuk satwa komodo," kata Direktur Sumber Daya Mansua PT Pelindo III Edi Priyanto.

Pelindo III memilih menjadi orang tua asuh untuk satwa komodo karena pengembangbiakannya dinilai tidak mudah.

"Di tempat lain satwa komodo hampir punah, tapj di KBS pengembangbiakannya cukup baik. Populasinya terus bertambah dan kita harus mendukungnya," ucap Edi.

KBS, lanjut Direktur PD Taman Satwa KBS, terbuka bagi masyarakat untuk ikut memiliki satwa di objek wisata yang menjadi ikon Kota Pahlawan itu.

"Dengan program orang tua asuh, kami mengajak mengajak masyarakat, di antaranya untuk memenuhi kebutuhan makanan serta pemenuhan obat bagi satwa yang sakit," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya kbs kebun binatang surabaya

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top