Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Usaha Rakyat Diminta Dimaksimalkan Petani di Malang

Jika pengembangan pertanian modern ini berhasil dilakukan, tentunya terjadi variasi pengembangan pertanian sehingga tidak hanya meningkatkan produksi padi dan jagung, tapi juga dikembangkan produksi sayur-sayuran.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Malang M. Sanusi menyerahkan alsintan bantuan Presiden Jokowi kepada petani di Kab. Malang, Selasa (18/5/2021)./Istimewa
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Malang M. Sanusi menyerahkan alsintan bantuan Presiden Jokowi kepada petani di Kab. Malang, Selasa (18/5/2021)./Istimewa

Bisnis.com, MALANG — Kementan mendorong agar petani yang difasilitasi Pemkab Malang agar dapat secara massif mengakses dana KUR secara mandiri sehingga dapat mengembangkan usahanya menjadi maju dan modern.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kabupaten Malang dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain di seluruh Indonesia dalam membangun pertanian berbasis teknologi modern melalui pembiayaan secara mandiri.

"Saya harap petani dapat mengakses dana KUR. Saya bantu agar perbankan memberikan kemudahan, berapa kesiapan Kabupaten Malang kami pasti bantu. Hingga Rp20 triliun kami siap. Dengan KUR ini juga kita bisa bangun industri skala rumah tangga sehingga petani mendapatkan nilai tambah yang lebih besar," ungkapnya pada penyerahan bantuan alsintan Presiden oleh Mentan SYL kepada petani Kabupaten Malang di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Selasa (18/5/2021).

Dengan dana KUR, kata dia, maka petani dapat membangun industri pisang olahan, peremajaan kelapa hingga industrinya.

“Ini harus kita wujudkan karena pertanian Kabupaten Malang ini adalah etalase pertanian Indonesia," ucapnya.

Mentan menegaskan bantuan yang digelontorkan tersebut diarahkan untuk peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani. Pengembangan alsintan diharapkan harus seimbang dengan tenaga kerja manusia sehingga pengembangan pertanian tetap memberdayakan petani dengan teknologi pertanian yang maju.

"Kami hadir di sini sesuai disampaikan dan dijanjikan Bapak Presiden Jokowi, setelah melihat dan cukup gembira melihat hasil panen di Kabupaten. Kabupaten Malang ini kurang lebih memperlihatkan dinamika produktivitas ketahanan pangan di seluruh Indonesia sebanyak 7,4 juta hektar. Hal ini diapresiasi Bapak Presiden. Oleh karena itu, kami menyerahkan bantuan alsintan ada vertical dryer, truk kecil, traktor, combine dan lainnya," ujarnya.

Dia menegaskan adanya bantuan alsintan ini sesuai perintah Presiden untuk menjadikan Kabupaten Malang sebagai penarik daerah-daerah lainnya dalam meningkatkan produktivitas pangan.

Menurut dia, jika pengembangan pertanian modern ini berhasil dilakukan, tentunya terjadi variasi pengembangan pertanian sehingga tidak hanya meningkatkan produksi padi dan jagung, tapi juga dikembangkan produksi sayur-sayuran, buah-buahan, peternakan seperti itik dan bebek serta tanaman perkebunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Bupati Malang, M. Sanusi mengatakan sangat bangga dengan gaya kerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang melakukan kegiatan nyata di lapangan, ada hasilnya dan bahkan sesuai dengan yang diinginkan Presiden Jokowi.

Salah satunya, dengan gerak cepat menyerahkan berbagai bantuan alsintan untuk petani Kabupaten Malang, sebagai tindak lanjut perintah Presiden Jokowi untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

"Saya kepengin Menteri itu kayak gini yaitu melakukan kegiatan yang nyata, jadi programnya memang ada faktanya. Kerja nyatanya sesuai arahan Bapak Presiden," katanya.

Dia menilai dengan hadirnya bantuan ini, diharapkan masyarakat petani dapat menggunakan alsintan untuk meningkatkan produksi pangan. Meningkatkan produktivitas pangan dan nilai tambah harus ditunjang oleh penggunaan teknologi pertanian modern seperti yang diberikan pemerintah pusat saat ini.

"Oleh karena itu, kami sangat berterimakasih kepada Bapak Menteri Pertanian yang telah menghadirkan Bapak Presiden Jokowi ke Kabupaten Malang sehingga petani mendapat banyak bantuan, bahkan dari Istana Kepresidenan membantu mobil pikup (truk kecil) untuk milenial," ucapnya.

Dengan bantuan peralatan pertanian dari Presiden Jokowi yang diserahkan Mentan Syahrul Yasin Limpo berupa hand tractor empat unit, combine harvester besar satu unit, combine harvester sedang satu unit, power thresher multiguna satu unit dan packing beras satu unit serta mesin pengering (vertical dryer) padi berkapasitas 10 ton sebanyak satu unit. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper