Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengamanan Lebaran, Ini Titik Posko di Kota Madiun

Pada Operasi Ketupat 2021, pihaknya menyiagakan sebanyak 200 personel gabungan yang akan fokus pelarangan mudik lebaran di pos-pos pengamanan, pelayanan, dan penyekatan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Mei 2021  |  16:16 WIB
Ilustrasi. - Antara/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi. - Antara/Fakhri Hermansyah

Bisnis.com, MADIUN - Petugas Kepolisian Resor Madiun Kota, Jawa Timur, menyiagakan lima pos komando (posko) dalam rangka pelaksanaan pengamanan Lebaran tahun 2021 di wilayah hukum setempat.

"Lima posko yang disediakan tersebut terdiri dari empat pos pelayanan dan satu pos pengamanan untuk menunjang pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021 di wilayah hukum Polres Madiun Kota," ujar Kapolres Madiun Kota AKBP Dewa Putu Eka Darmawan di Madiun, Kamis (6/5/2021).

Sesuai pemetaan, untuk empat pos pelayanan disediakan di Terminal Purbaya, Stasiun Madiun, di kawasan Jalan Pahlawan, dan kawasan Suncity Jalan S. Parman. Sedangkan satu pos pengamanan disediakan di Alun-Alun Kota Madiun.

"Upaya kita pada Operasi Ketupat kali ini adalah membantu pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Makanya, selain pengamanan, kami juga ingatkan kepada masyarakat untuk tidak mudik tahun ini demi keselamatan bersama," kata Kapolres.

Ia menambahkan, pada Operasi Ketupat 2021, pihaknya menyiagakan sebanyak 200 personel gabungan yang akan fokus pelarangan mudik lebaran di pos-pos pengamanan, pelayanan, dan penyekatan.

"Hal itu sesuai instruksi pemerintah pusat, bahwa pelarangan mudik lebaran menjadi fokus Operasi Ketupat Semeru kali ini," tuturnya.

Wali Kota Madiun Maidi menambahkan bahwa Forkopimda dengan seluruh kru masing-masing, semuanya akan all out melayani masyarakat.

"Kita semua turun demi memberikan keamanan kepada masyarakat. Baik keamanan dari segi kriminalitas, maupun keamanan dari COVID-19," ujar Wali Maidi.

Berbagai persiapan terus dilakukan. Tidak hanya personel, tetapi juga kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya. Mulai pos penyekatan dan pengamanan, peralatan, hingga sistem yang diterapkan petugas.

"Semua sudah kita siapkan, termasuk langkah dan kebijakan seperti apa kalau seandainya terjadi lonjakan pemudik," ucapnya.

Wali Kota juga mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi. Salah satunya, melalui doa dan menjaga diri pribadi masing-masing. Artinya, keamanan dari tindak kejahatan dan Covid-19 wajib dimulai dari setiap pribadi masyarakat.

"Menjaga keamanan ini bukan hanya tugas pemerintah, bukan hanya tugas TNI/Polri. Tetapi tugas dan tanggung jawab kita bersama. Kalau setiap orang mengamankan dirinya sendiri, maka kota ini akan aman," kata Maidi.

Adapun pengamanan Operasi Ketupat Semeru 2021 akan berlangsung mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim madiun

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top