Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jatim Alokasikan Rp1,257 Triliun untuk Dana Hibah 2021

Adapun dari total dana hibah tersebut nantinya akan disalurkan untuk 4.638 penerima
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  14:07 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Antara
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa - Antara

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengalokasikan dana hibah 2021 sebesar Rp1,257 triliun yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan kelompok masyarakat dan berbagai pembangunan fasilitas irigasi, pendidikan hingga tempat peribadatan.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan agar dana hibah tersebut tepat sasaran sesuai target penerima, pemprov terus melakukan sosialisasi ke kota/kabupaten sekaligus mengimbau agar tidak ada penyelewengan dana.

“Karena saya ingin memastikan bahwa hibah dari Pemprov Jatim utuh tanpa dikurangi, semua tersalurkan ke masyarakat,” katanya, Selasa (30/3/2021).

Selain itu, lanjut Khofifah, sosialisasi diperlukan untuk memberikan pemahaman terhadap peraturan UU terkait penyaluran dana hibah, termasuk proses pencairan dan penyusunan laporan pertanggungjawabannya.

Dia pun meminta agar jajaran Pemprov maupun calon penerima untuk melapor jika ada tanda penyelewengan oleh oknum agar pembenahan sistem penyaluran hibah dapat terjaga dan mendatangkan manfaat maksimal bagi masyarakat.

“Jika ada oknum yang terindikasi melakukan pemotongan dana hibah, mohon melapor, saya akan jaga privasi pelapor,” imbuhnya.

Adapun dari total dana hibah tersebut nantinya akan disalurkan untuk 4.638 penerima. Jumlah itu sudah melalui tahap seleksi dan verifikasi dari total 10.000 lebih yang mengajukan bantuan hibah.

Dari jumlah itu pun nantinya akan digunakan untuk perbaikan dan pendirian sarana peribadatan sebanyak 657 bangunan, atau setara dengan Rp157,3 miliar, lembaga pendidikan sebanyak 2.988 bangunan dari jenjang SD hingga SMA dan Pondok Pesantren setara Rp770,8 miliar.

Sedangkan dana hibah untuk kelompok masyarakat dan lembaga/organisasi masyarakat sebanyak 993 organisasi atau setara Rp329,5 miliar. 

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top