Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjir Susulan Kembali Landa Dua Desa di Jember

Kedua desa yang dilanda banjir susulan itu, yakni Desa Curahnongko dan Desa Wonoasri di Kecamatan Tempurejo.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Januari 2021  |  15:58 WIB
Warga melintasi banjir untuk mengungsi, di Balai Desa Wonoasri, Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021). Sebanyak 2.558 KK di desa itu terdampak banjir dengan ketinggian air antara 50 Cm - 2 meter. - Antara/Seno.
Warga melintasi banjir untuk mengungsi, di Balai Desa Wonoasri, Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Jumat (15/1/2021). Sebanyak 2.558 KK di desa itu terdampak banjir dengan ketinggian air antara 50 Cm - 2 meter. - Antara/Seno.

Bisnis.com, JEMBER - Sedikitnya dua desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur, diterjang banjir susulan pada Senin (18/1) malam hingga Selasa setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat.

Kedua desa yang dilanda banjir susulan itu, yakni Desa Curahnongko dan Desa Wonoasri di Kecamatan Tempurejo. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena petugas dan warga sudah siaga banjir.

"Pada Selasa pukul 03.00 WIB terjadi banjir yang melanda gang 8, 7, 6, 5, 4, 3 di Dusun Kraton, Desa Wonoasri, Kecamatan Tempurejo, dengan ketinggian air sekitar 30 hingga 50 cm," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo di Jember.

Menurutnya, beberapa warga sudah mulai mengungsi di rumah saudaranya yang lokasinya aman dari genangan banjir, namun ada juga sebagian warga yang mengungsi di posko pengungsian di Kantor Desa Wonoasri pada pukul 04.00 WIB.

"Ada sekitar 10 orang yang mengungsi di posko pengungsian dan sebagian besar anak-anak dan lansia," tuturnya.

Heru menjelaskan warga di Desa Curahnongko dan Wonoasri diimbau tetap siaga terhadap ancaman banjir susulan karena curah hujan masih cukup tinggi dan beberapa tanggul sungai di desa setempat jebol akibat hujan deras yang mengguyur beberapa waktu lalu.

"Dengan adanya banjir susulan, tim relawan terus mendistribusikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak banjir karena warga belum bisa memasak," katanya.

Ia mengatakan relawan BPBD Jember terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah titik rawan banjir susulan dan menyampaikan informasi kepada warga setempat untuk meningkatkan kewaspadaannya.

Berdasarkan data BPBD Jember tercatat banjir melanda delapan kecamatan di Kabupaten Jember dengan jumlah warga yang terdampak sebanyak 4 ribu lebih.

Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi dapur umum di posko bencana banjir di Kantor Desa Wonoasri pada Senin (18/1), namun kondisi banjir sudah mulai surut.

Kemensos juga menyalurkan bantuan berupa telur, beras, abon, kebutuhan balita dan susu ibu hamil sesuai dengan usulan yang diajukan oleh pemerintah setempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim walikota surabaya tri rismaharini jember

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top