Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI Malang Temukan Optimisme Konsumen

Konsumen meyakini dengan ditemukannya vaksin Covid-19, kegiatan usaha ke depan semakin membaik.
Ilustrasi. /LIPI
Ilustrasi. /LIPI

Bisnis.com, MALANG - Hasil survei konsumen Bank Indonesia Malang pada Desember 2020 mengindikasikan optimisme ekspektasi konsumen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tercatat sebesar 131,17 atau tetap pada level optimis >100. IEK dipengaruhi oleh ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

"Konsumen meyakini dengan ditemukannya vaksin Covid-19, kegiatan usaha ke depan semakin membaik," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (7/1/2021).

Sedangkan untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), kata dia, kembali melemah di tengah jumlah kasus baru Covid-19 kembali mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal ini tercermin dari IKK tercatat sebesar 97,75 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan maupun tahun sebelumnya yang masing-masing tercatat sebesar 104,25 dan 123,75.

Penurunan IKK dibandingkan bulan sebelumnya disebabkan karena penghasilan konsumen yang menurun dan persepsi penghasilan konsumen pada enam bulan mendatang.

Menurut dia, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar sebesar 64,33. IKE dipengaruhi oleh penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian durable goods.

Penurunan IKE terutama terjadi pada penghasilan saat ini dibandingkan 6 (enam) bulan yang lalu dari sebesar 69,50 menjadi sebesar 55,50.

Hal ini dikonfirmasi oleh likert scale biaya tenaga kerja pada contact liaison yang mengalami penurunan, dikarenakan banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem penggajian unleave paid dan pembayaran gaji yang hanya sebagian dari gaji yang diterima pada kondisi normal. (K24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper