Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei BI Malang Temukan Optimisme Konsumen

Konsumen meyakini dengan ditemukannya vaksin Covid-19, kegiatan usaha ke depan semakin membaik.
Choirul Anam
Choirul Anam - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  19:42 WIB
Ilustrasi.  - LIPI
Ilustrasi. - LIPI

Bisnis.com, MALANG - Hasil survei konsumen Bank Indonesia Malang pada Desember 2020 mengindikasikan optimisme ekspektasi konsumen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang Azka Subhan Aminurridho mengatakan hal itu tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) tercatat sebesar 131,17 atau tetap pada level optimis >100. IEK dipengaruhi oleh ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja dan ekspektasi kegiatan usaha.

"Konsumen meyakini dengan ditemukannya vaksin Covid-19, kegiatan usaha ke depan semakin membaik," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (7/1/2021).

Sedangkan untuk Indeks Keyakinan Konsumen (IKK), kata dia, kembali melemah di tengah jumlah kasus baru Covid-19 kembali mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal ini tercermin dari IKK tercatat sebesar 97,75 atau lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan maupun tahun sebelumnya yang masing-masing tercatat sebesar 104,25 dan 123,75.

Penurunan IKK dibandingkan bulan sebelumnya disebabkan karena penghasilan konsumen yang menurun dan persepsi penghasilan konsumen pada enam bulan mendatang.

Menurut dia, Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) tercatat sebesar sebesar 64,33. IKE dipengaruhi oleh penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja dan pembelian durable goods.

Penurunan IKE terutama terjadi pada penghasilan saat ini dibandingkan 6 (enam) bulan yang lalu dari sebesar 69,50 menjadi sebesar 55,50.

Hal ini dikonfirmasi oleh likert scale biaya tenaga kerja pada contact liaison yang mengalami penurunan, dikarenakan banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem penggajian unleave paid dan pembayaran gaji yang hanya sebagian dari gaji yang diterima pada kondisi normal. (K24)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim malang Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top