Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Antisipasi Banjir, Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Proyek Tanggul dan Bozem

Musim hujan diperkirakan terjadi pada awal November 2020.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 28 September 2020  |  22:08 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya berupaya mengantisipasi banjir dengan mulai kebut sejumlah proyek fisik mengingat musim hujan diperkirakan terjadi pada awal November 2020.

Adapun sejumlah proyek fisik tersebut di antaranya peninggian tanggul Kali Lamong, penambahan jumlah pompa, pengerukan saluran air dan bozem.

Kepala Bidang Pematusan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya, Eko Yuli Prasetya mengatakan dalam pengerjaannya, bidang pematusan dibagi menjadi lima wilayah/rayon yang masing-masing akan melaksanaan pembangunannya.

“Seperti Rayon Tandes yang akan men-cover wilayah Surabaya Barat dan sebagian wilayah utara dengan fokus melakukan peninggian 5 meter tanggul Kali Lamong sepanjang 2 km. Peninggian ini sangat penting karena sering ada luapan sungai,” katanya dalam rilis, Senin (28/9/2020).

Eko menambahkan untuk antisipasi lain dilakukan dengan menambah pompa kecil dengan kapasitas 1,5 m3 yang akan dipasang di beberapa saluran untuk mengurangi debit Pompa tersebut berasal dari pompa bekas yang sudah tidak terpakai.

“Di beberapa rumah pompa ada penambahan kapasitas yang bisanya hanya 1,5 – 2 m3, diganti menjadi 5 m3. Sedangkan yang kapasitas kecil yang sudah tidak dipakai dialih untuk tempat lain seperti di saluran dekat Korem, RS Ontology, Pantai Kenjeran, dan Underpass Mayjen Sungkono,” jelasnya.

Eko menambahkan, untuk pengerukan saluran dan bozem saat ini juga difokuskan di beberapa titik. Pihaknya mengerahkan 1.400 satgas PU dan Pematusan untuk pengerjaan pengerukan tersebut.

“Sejak Agustus kami sudah melakukan pengerukan sebanyak 49.042 ritasi,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top