Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingginya Kematian Pasien Covid-19 di Jatim, Begini Penjelasannya

Orang dengan gangguan ginjal sangat rentan jika terpapar Covid-19 yakni dengan kemungkinan meninggal dunia mencapai 3,7 kali lebih besar.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 22 September 2020  |  18:29 WIB
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dr. Joni Wahyuhadi. - Ist
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Covid-19 Jatim, dr. Joni Wahyuhadi. - Ist

Bisnis.com, SURABAYA – Ketua Tim Kuratif pada Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, dr. Joni Wahyuhadi menyebut, pasien Covid-19 yang meninggal dengan disertai penyakit bawaan atau komorbid mencapai 91,9 persen.

“Dari banyaknya pasien yang disertai komorbid ini, kebanyakan mereka yang punya sakit gangguan ginjal, diabetes, paru-paru kronis dan jantung,” katanya, Selasa (22/9/2020).

Dia menjelaskan dari hasil penelitian, orang yang memiliki gangguan ginjal sangat rentan jika terpapar Covid-19 yakni dengan kemungkinan meninggal dunia mencapai 3,7 kali lebih besar dibandingkan dengan orang normal/tanpa komorbid.

“Jadi pasien Covid-19 yang disertai gangguan ginjal harus ditangani dengan Continuous Rental Replacement Therapy (CRRT). Ini merupakan terapi untuk menggantikan terapi ginjal, di samping masih ada terapi lainnya,” ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya telah berupaya untuk menekan angka kematian karena terpapar Covid-19, salah satunya dengan terapi High Flow Nasal Cannula (HFNC), dan terapi plasma convalescent yang diyakini bisa membantu pemulihan pasien lebih cepat.

“Namun sekali lagi, yang paling penting adalah kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, hingga 22 September 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Jatim mencapai 41.417 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 33.978 orang telah sembuh atau setara 82,04 persen, sebanyak 4.424 orang masih dirawat atau setara10,68 persen, dan sebanyak 3.015 orang telah meninggal dunia atau setara 7,28 persen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top