Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rumah Potong Hewan Surabaya Jalankan Prosedur Khusus di Hari Raya Kurban

Proses penyembelihan pun dibatasi maksimal hanya 100 ekor.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  20:42 WIB
Ilustrasi pemeriksaan sapi. - Antara/Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi pemeriksaan sapi. - Antara/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, SURABAYA – Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kota Surabaya memastikan bahwa proses pemotongan hewan untuk kegiatan Hari Raya Idul Kurban sudah sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Plt Direktur Utama Rumah Potong Hewan (RPH) Bela Bima mengatakan hingga hari ini seluruh prosedur protokol kesehatan sudah diterapkan, mulai dari penjualan hewan hidup, fasilitas pemotongan, hingga pengantaran hewan kurban kepada pemesan.

“Jadi misalnya calon pembeli yang akan masuk ke area harus melewati screening terlebih dahulu. Terdiri dari pengecekan suhu tubuh, wajib mencuci tangan dan mengenakan masker,” jelasnya, Jumat (24/7/2020).

Selain itu, katanya, penjualan hewan hidup juga dibatasi orang yang masuk maksimal 2 orang untuk pembeli satu ekor hewan, dan harus membuat janji melalui layanan hotline. Termasuk saa Hari Raya Idul Kurban, proses penyembelihan pun dibatasi maksimal hanya 100 ekor.

“Hingga kini pun, pemesan penyembelihan untuk hari H juga sudah penuh, tetapi warga diharapkan menyembelih bergantian pada hari tasyrik atau hari berikutnya,” imbuhnya.

Bela menambahkan untuk menjaga kedisiplinan pembeli, pihaknya melibatkan tim pengamanan untuk menertibkan bila terjadi kerumunan warga di lokasi, mereka di antaranya adalah kepolisian dan Bhabinsa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jatim surabaya
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top